Kamis 02 May 2024 01:45 WIB

Pj Bupati Jombang Ingatkan Pesan Bung Karno ke Pekerja

Sugiat berharap tercipta iklim kondusif bagi dunia usaha dan ketenagakerjaan.

Pj Bupati Jombang, Sugiat, melepas Fun Walk Peringatan Hari Buruh di Jombang.
Foto: istimewa/doc humas
Pj Bupati Jombang, Sugiat, melepas Fun Walk Peringatan Hari Buruh di Jombang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Peringatan Hari Buruh Internasional di Kabupaten Jombang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang bersama kalangan pekerja. Dinas Tenaga Kerja Jombang mengadakan rangkaian kegiatan peringatan dengan Fun Walk yang diikuti 4000 pekerja, Rabu (1/5/2024). 

Pj Bupati Jombang, Sugiat, saat melepas acara, mengatakan, pemerintah Kabupaten Jombang berkomitmen meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh. Selain itu, mereka juga berkomitmen untuk menciptakan iklim kondusif bagi dunia usaha dan ketenagakerjaan. Para pengusaha di Jombang juga didorong untuk memperhatikan hak-hak pekerja/buruh, seperti upah layak, jam kerja yang wajar, dan jaminan kesehatan dan keselamatan kerja.

Menurut Sugiat, yang merupakan alumni psikologi Universitas Indonesia ini, peringatan Hari Buruh dimaksudkan agar terbangun sinergi dan citra positif hubungan industrial kondusif di Kabupaten Jombang. Ia berharap dalam pelaksanaan  Fun Walk, peserta bersikap santun, menghormati sesama dan tidak merugikan masyarakat.

Mengakhiri sambutannya, Sugiat mengutip pidato Bung Karno Founding Fathers Republik Indonesia pada peringatan HUT RI 1953 yang mengatakan, “Orang hidup harus makan, yang dimakan hasil kerja. Jika tidak bekerja tidak makan, jika tidak makan pasti akan mati. Inilah undang-undangnya dunia, inilah undang – undangnya hidup, mau tidak mau semua ‘Makhluk’ harus menerima undang-undang ini. terimalah undang-undang itu dengan jiwa yang besar dan merdeka, jiwa yang tidak menengadah melainkan kepada ‘Tuhan’.

“Kutipan pidato Bung Karno sebagai Bapak Bangsa Tercinta khusus untuk Saya sampaikan kepada teman – teman pekerja dan teman – teman buruh di Peringatan Hari Buruh Internasional di Kabupaten Jombang tahun 2024,” kata Sugiat yang sebelumnya menjabat Kabinda Sulawesi Barat ini, dalam siaran persnya.

Putra asli Jombang ini mengajak pelerja untuk giat bekerja, giat berusaha, giat berkarya, karena itu adalah cara hidup, dan jadikan semua itu sebagai ibadah. “Yakinlah bahwa proses yang kita jalani tidak pernah mengkhianati hasil yang akan kita dapat,” ungkapnya.

Dalam kegiatan Fun Walk Peringatan Hari Buruh juga disediakan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Diantaranya, penyerahan santunan, bazar sembako murah, makan gratis untuk semua peserta, dan 200 hadiah hiburan. Dalam upaya memberikan pelayanan yang lebih luas, terdapat layanan donor darah, SIM dan Samsat keliling.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement