Kamis 10 Mar 2022 07:10 WIB

KSAL Resmikan KRI Teluk Palu-523 

Pembangunan kekuatan dengan modernisasi alutsista dan teknologinya, prioritas TN AL.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Agus Yulianto
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono
Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, meresmikan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) jenis Angkut Tank (AT) 6, KRI Teluk Palu-523 yang akan bergabung dengan kapal perang TNI Angkatan Laut (TNI AL), khususnya jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil). Pereamian itu berlangsung di Galangan Kapal PT Daya Radar Utama (DRU) Lampung, Rabu (9/3) pagi.

Yudo mengatakan, demi mewujudkan kekuatan laut yang handal, hanya dapat dicapai dengan dukungan alutsista yang memadai. Pembangunan kekuatan dengan langkah modernisasi alutsista dan teknologinya pun menjadi salah satu program prioritas TNI AL.

Dia menyebut, teknologi alutsista memang bukan hal yang mudah untuk dikuasai. Sebab, teknologi alutsista sebagai bagian dari teknologi militer selalu menjadi penjuru terdepan dari kemajuan teknologi di dunia. Sehingga diperlukan komitmen, tekad dan usaha yang tidak pernah berhenti dari semua pihak, termasuk pelaku industri yang harus terus meningkatkan kemampuan agar memenuhi tuntutan kebutuhan.

“Saya yakin kehadiran KRI Teluk Palu-523 dalam jajaran Alutsista TNI AL akan meningkatkan daya gempur, kepercayaan diri, dan performa dalam pelaksanaan tugas-tugas TNI AL ke depan”, kata Yudo dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Rabu (9/3/2022).

Acara Serah terima kapal dilakukan dari PT DRU kepada Kepala Dinas Pengadaan TNI Angkatan Laut (Kadisadal) Laksma TNI Maman Rohman. Kemudian, Kadisadal menyerahkan kepada Asisten Logistik (Aslog) KSAL Laksda TNI Puguh Santoso. Lalu, Aslog KSAL menyerahkan kepada Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksda TNI Erwin S Aldedharma disaksikan Yudo.

Kapal KRI Teluk Palu-523 memiliki daya tampung 360 prajurit, 115 personel anak buah kapal (ABK), dan 6 kru Helly serta memiliki panjang 120 meter, lebar 18 meter, draft 3 meter (full load) dengan bobot 4.508 ton. Kapal tersebut memiliki kecepatan maksimum 16 knots, kecepatan jelajah 14,8 knots dan kecepatan ekonomis 13,6 knots. serta dilengkapi persenjataan 2 x Mer 40 mm dan 2 x Mer 12,7 mm sebagai pertahanannya.

Selain acara penyerahan dan peresmian kapal, dilaksanakan pula pengukuhan Letkol Laut (P) Siswandony yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 48 Tahun 2002 sebagai Komandan KRI Teluk Palu-523 yang pertama.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement