Sabtu 12 Feb 2022 09:57 WIB

Kemenpan-RB Apresiasi Layanan Disabilitas MPP Gajah Mada

Layanan khusus bagi disabilitas disebut belum ada di MPP wilayah lainnya.

Mal Pelayanan Publik (ilustrasi).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Mal Pelayanan Publik (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MOJOKERTO -- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mengapresiasi unit layanan disabilitas (ULD) yang ada di dalam Mal Pelayanan Publik (MPP) Gajah Mada, Kota Mojokerto, Jawa Timur karena menjadi satu-satunya di Indonesia. Asisten Deputi Standarisasi Pelayanan Publik dan Pelayanan Inklusif Kemenpan-RB, Novia Andriana mengatakan, layanan tersebut masih belum ada di MPP yang lain.

"Ini belum ada di MPP yang lain, baru saya temui di sini. Di daerah lain mungkin sudah ada tapi masih gabung, nah MPP Gajah Mada ini sudah ada petugas sendiri, artinya sudah lebih maju ya," ujarnya usai melakukan verifikasi MPP Gajah Mada, Sabtu (12/2/2022).

Ia juga mengapresiasi keberadaan telecenter palapa sebagai tempat edukasi bagi masyarakat dalam bidang teknologi informasi (TI) yang difasilitasi oleh Pemerintah Kota Mojokerto. "Termasuk keberadaan tempat edukasi telecenter itu bagaimana masyarakat bisa belajar, difasilitasi oleh Pemkot Mojokerto," katanya.

Menurutnya, MPP Gajah Mada sudah layak diresmikan oleh Menpan-RB meski ada sedikit penambahan gerai pelayanan seperti BNN, SIM Korner, ataupun gerai BPOM. "MPP ini kan cukup luas, jadi bisa menambahkan pelayanan lainnya dari kementerian lembaga yang mungkin belum masuk, selain itu integrasi sistem TI, juga mungkin bisa ditingkatkan sehingga tidak hanya menjangkau internal, tapi juga eksternal," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengaku lega dengan hasil verifikasi terakhir tim Kemenpan-RB karena dari 23 catatan hasil asistensi yang dilakukan bulan lalu semuanya sudah dilaksanakan. "Alhamdulillah hasilnya sudah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh tim dari Kemenpan-RB sehingga MPP Gajah Mada Kota Mojokerto ini sudah siap diresmikan oleh pak Menteri PAN-RB dalam waktu dekat," kata Ika.

MPP Gajah Mada Kota Mojokerto memiliki 19 gerai layanan dengan 155 jenis pelayanan satu pintu yang akan mempermudah dan mempercepat pelayanan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement