Jumat 11 Feb 2022 17:25 WIB

Lintasan Mandalika Kotor, Loris Capirossi: Trek Baru, Wajar

Dorna berharap mulai esok dan Ahad, kondisi trek bagus untuk pengujian.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Petugas memeriksa kondisi lintasan saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022).
Foto: ANTARA/Andika Wahyu
Petugas memeriksa kondisi lintasan saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK TENGAH -- MotoGP kembali ke Indonesia setelah 25 tahun absen. Kali ini Sirkuit Mandalika menjadi lokasi baru yang bakal menggelar balapan kedua di kalender pada 20 Maret nanti.

Sirkuit sepanjang 4,3 km itu itu juga mendapat kehormatan sebagai arena tes pramusim pada 11-13 Februari yang akan menjadi momen krusial bagi tim dan pebalap dalam pengembangan motor baru mereka serta menentukan arah di awal musim.

Baca Juga

Mantan pebalap MotoGP, Loris Capirossi, yang saat ini menjabat sebagai Race Direction Representative dari Dorna Sports, memaklumi apabila terdapat sejumlah kendala, seperti ketika kondisi lintasan yang kotor yang mengganggu jalannya hari pertama tes. Sesi tes sempat dihentikan sementara untuk memberikan kesempatan penyelenggara membersihkan trek sebelum membuka kembali lintasan pada pukul 12:00 WITA.

"Soal treknya, normal pertama kali sedikit kotor karena tidak ada yang membalap sebelum kami" kata Capirossi, yang pernah membalap untuk Honda, Yamaha, Ducati dan Suzuki di MotoGP tersebut di Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022).

Menurutnya, saat ini tidak terlalu masalah karena ini baru tes. Pengelola punya waktu untuk membersihkannya dan mengatur segalanya. Namun, Dorna berharap mulai esok dan Ahad, kondisi trek bagus untuk pengujian.

"Bagaimanapun juga untuk trek baru, hal seperti itu normal," ujar Capirossi.

Terkait dengan homologasi trek, Capirossi mengungkapkan trek Sirkuit Mandalika telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh FIM. "Treknya sudah dihomologasi, tidak masalah lagi karena semua tingkat keamanan sangat tinggi, sangat bagus, kami sangat senang dengan konstruksinya, tentang keamanan, tentang semuanya. Untuk homologasi tidak ada masalah," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement