Kamis 10 Feb 2022 15:17 WIB

Breaking News! Indonesia Resmi Beli Pesawat Rafale 42 Unit

Menhan Prancis Florence Parly mengumumkan secara resmi Indonesia beli jet Raffale .

Pertemuan Menhan Prancis Florence Parly dan Menhan RI Prabowo Subianto di Kota Paris, Januari 2020.
Foto: Dok
Pertemuan Menhan Prancis Florence Parly dan Menhan RI Prabowo Subianto di Kota Paris, Januari 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertahanan Prancis Florence Parly mengumumkan secara resmi Indonesia membeli 42 unit pesawat Dassault Rafale. "Resmi, Indonesia memesan 42 Rafale," ujarnya melalui akun Twitter, @florence_parly dikutip di Jakarta, Kamis (10/2/2022).

Parly saat ini sedang berada di Jakarta dalam kunjungan kerja selama dua hari di Indonesia pada 9 dan 10 Februari 2022. Informasi yang didapat Republika dari salah satu pejabat Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Parly diagendakan bertemu Menhan Prabowo Subianto, salah satunya membahas pembelian pesawat generasi 4,5 tersebut.

Baca Juga

Rafele merupakan jet tempur yang akan memperkuat TNI AU untuk menggantikan F-5 Tiger yang sudah dikandangkan sejak 2015. TNI AU rencananya membeli Sukhoi Su-35 sebagai penggantinya, tapi tak kunjung terwujud. Namun, pada era Prabowo, akhirnya pembelian jet tempur tersebut beralih ke Prancis sebagai salah satu anggota NATO.

"Kemitraan strategis kita akan mendapat manfaat dari pendalaman hubungan pertahanan kita. Prancis dengan bangga berkontribusi pada modernisasi angkatan bersenjata mitra kami, yang memainkan peran kunci di ASEAN dan di Indo-Pasifik," kata Parly.

Menurut Parly, delapan negara telah memilih Rafale untuk memastikan perlindungan mereka. Hal itu menjadi bukti lebih lanjut keunggulan industri Prancis dan efisiensi operasional pesawat tempur Rafale.

"Indonesia juga menjalin kerja sama dengan industri kita di bidang kapal selam. Di Indo-Pasifik, Indonesia merupakan negara kedua yang mengakuisisi Rafale, setelah India," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement