Ahad 26 Dec 2021 02:21 WIB

Ragunan Dikunjungi 9.798 Wisatawan Saat Liburan Natal 2021

Ragunan memberlakukan pembatasan pengunjung maksimal 50 persen atau 30 ribu orang.

Warga mengunjungi Kebun Binatang Ragunan, Jakarta, Sabtu (25/12). Hari libur Natal dimanfaatkan sebagian warga ibukota untuk berwisata bersama keluarga ke beberapa lokasi wisata di Jakarta. Prayogi/Republika.
Foto: Prayogi/Republika.
Warga mengunjungi Kebun Binatang Ragunan, Jakarta, Sabtu (25/12). Hari libur Natal dimanfaatkan sebagian warga ibukota untuk berwisata bersama keluarga ke beberapa lokasi wisata di Jakarta. Prayogi/Republika.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, per pukul 10.00 WIB, dikunjungi sebanyak 9.798 pengunjung pada liburan Natal 2021, pada Sabtu (25/12). "Berdasarkan data yang tercatat, ada 9.798 pengunjung per pukul 10.00 WIB," ujar Staf Pelayanan Informasi dan Kehumasan Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang, di Jakarta, Sabtu (25/12).

Lebih lanjut, Bambang, sapaan akrab Wahyudi Bambang menyatakan Taman Margasatwa Ragunan pada liburan Natal Tahun 2021 memberlakukan pembatasan pengunjung sebanyak 50 persen atau setara dengan 30 ribu orang. Menurutnya, jumlah pengunjung tersebut akan terus bertambah sebelum Ragunan ditutup pada pukul 14.30 WIB.

Baca Juga

Bambang pun menjelaskan, sebelum mendatangi Ragunan, pengunjung diwajibkan untuk melakukan pendaftaran secara daring pada H-1 kunjungan mereka. "Nanti, ada verifikasi dari sistem. Kemudian, pindai QR barcode PeduliLindungi," jelas Bambang.

Ia pun mengatakan bahwa para pengunjung diwajibkan mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan. Seperti memakai masker dan tidak membuat kerumunan. Bagi para pengunjung yang ditemukan membuat kerumunan, kata Bambang, para petugas akan bersikap tegas untuk membubarkannya.

Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 pun, ujar Bambang, juga diturunkan untuk memantau keadaan di sekitar Ragunan. Kemudian terkait para pedagang yang menjual makanan ataupun minuman di Ragunan, Bambang mengatakan mereka diwajibkan mematuhi aturan ganjil-genap.

"Kita juga atur ganjil-genap. Karena ini tanggal ganjil, pedagang yang memegang kartu ganjil dapat berjualan," jelasnya.

Salah satu pengunjung bernama Ida menyampaikan bahwa Ragunan menjadi pilihan tempat berlibur dia dan keluarganya karena taman margasatwa tersebut mematok harga tiket masuk yang murah, yaitu Rp 4.000 untuk orang dewasa dan Rp 3.000 bagi anak-anak. "Saya dan keluarga mengunjungi Ragunan karena murah meriah, anak kecil senang, dan tempatnya nyaman," ujar Ida.

Ia pun mengatakan merasa senang dan puas terhadap pelayanan yang diberikan para petugas, terutama saat dia dan keluarganya mengantri masuk.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement