Senin 20 Dec 2021 16:26 WIB

Jabar akan Bangun Kincir Angin Listrik Secara Komunal di Daerah Terpencil

Satu tower PLTB akan cukup menghasilkan listrik dengan daya 5,5 KiloWatt.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas memeriksa alat Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) - ilustrasi
Foto:

Bambang menjelaskan, di Ciemas, Kabupaten Sukabumi juga tengah dibangun PLTB yang memiliki kapasitas produksi 150 Mw. PLTB itu diklaim menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. "Yang sedang kita dorong di Ciemas tadi juga sesuai dengan kewenagnan kita," katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Energi Dinas ESDM Jabar Slamet Mulyanto Sudarsono mengatakan, proyek PLTB Komunal seperti ini sudah ada di Jawa Barat. Contohnya di salah satu kabupaten di Pantai Utara yang dibangun secara mandiri beberapa tahun lalu. Namun, jumlah daya yang dihasilkan dari kincir angin tersebut lebih kecil dari proyek PLTB Komunal Pemprov Jabar.

Rencananya, kata dia, titik yang akan dibangun PLTB Komunal ini ada di kawasan Walini, Ciwidey, Kabupaten Bandung. Kemudian dua titik di Kabupaten Bogor, yaitu Desa Sukamaju dan Karangtengah. Satu titik ada ada di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Djuanda.

"Ini rencana kita bangun yang pertama pada 2022. Cuman bulannya belum tahu. Titiknya juga belum tentu di Walini," kata Slamet.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement