Kamis 16 Dec 2021 11:58 WIB

Riza: Penghargaan KPPU Pacu Upaya Persaingan Usaha Sehat di Jakarta

Pemprov DKI meraih penghargaan KPPU Award 2021 yang diserahkan Wapres Ma'ruf Amin.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menerima penghargaan KPPU Award 2021.
Foto: @ArizaPatria
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menerima penghargaan KPPU Award 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meraih penghargaan dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) berupa KPPU Award 2021. Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, penghargaan yang diterima itu bisa memacu upaya mendorong persaingan usaha sehat di setiap kebijakan ekonomi di Ibu Kota.

"KPPU Award 2021 ini adalah bentuk apresiasi kepada seluruh perangkat Pemprov DKI Jakarta dalam bidang persaingan usaha dan pelaksanaan kemitraan UMKM (usaha mikro kecil dan menengah)," kata Riza dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (16/12).

Baca Juga

Riza menjelaskan, penilaian Indeks Persaingan Usaha (Competition Index) oleh Center for Economics and Development Studies Universitas Padjadjaran (CEDS UNPAD) dan KPPU melalui tujuh dimensi, yakni struktur, perilaku, kinerja, permintaan, pasokan, kelembagaan dan regulasi. Dia berharap, penghargaan dari KPPU dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jakarta.

Untuk perkembangan UMKM, lanjut dia, Pemprov DKI memiliki Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 102 Tahun 2018 tentang Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT).Pergub itu kemudian disempurnakan dengan Pergub Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pengembangan Kewirausahaan Terpadu atau program Jakpreneur. Hingga 7 Desember 2021, terdapat 287.703 anggota Jakpreneur atau sudah melampaui target sebanyak 200 ribu anggota.

Dia menyakini, seluruh anggota Jakprenuer mengamalkan prinsip persaingan yang sehat antara pelaku pasar dalam menjalankan kegiatan ekonomi berdasarkan cara yang jujur/ atau tidak melawan hukum dan tidak menghambat persaingan usaha.

Pemprov DKI Jakarta mendapatkan penghargaan KPPU Award 2021 yang secara simbolis diserahkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan diterima Wagub Riza di Jakarta pada Selasa (14/12). Penghargaan itu juga merupakan bagian Diseminasi Persaingan Usaha dan Pengawasan Kemitraan.

"Terima kasih kepada Wakil Presiden RI, Bapak Ma'ruf Amin yang menyerahkan langsung penghargaan ini dan terima kasih untuk KPPU. Suatu kehormatan bagi Pemprov DKI Jakarta untuk menerima KPPU Award 2021," imbuh Riza.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement