Senin 06 Dec 2021 17:28 WIB

Tiga Tahun Tsunami, Lampung Selatan Siaga Bencana

Tsunami terjadi akibat longsoran dari kawah Gunung Anak Krakatau.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Andi Nur Aminah
Tsunami terjang pesisir Banten dan Lampung (ilustrasi)
Foto:

Arinal berharap petugas yang diturunkan untuk membantu warga yang tertimpa bencana hendaknya menjunjung tinggi hak asasi manusia. Artinya, bantuan pertolongan dari aparat pemerintah saat musibah sangat diharapkan masyarakat dan sekaligus menjadi sorotan publik.

Saat ini, dia mengatakan wilayah Lampung sudah memasuki musim penghujan diperkirakan hingga akhir tahun.  Untuk itu, kesiapan personel dan peralatan untuk mengantisipasi bencana alam dan perubahan iklim tersbut sejak dini sudah harus dilakukan.

Selain itu, dalam melakukan tindak pertolongan dan penyelamatan korban bencana alam, harus mengedepankan prioritas penanganan bencana, dan juga sedapat mungkin meminimalisasi risiko yang akan terjadi. Pemberdayaan sumber daya manusia, dan penyediaan sarana dan prasarana sudah harus dilakukan sekarang.

Arinal mengatakan, beberapa daerah yang menjadi perhatian terjadinya bencana terutama gempa bumi, tanah longsor yakni Lampung bagian barat. Sedangkan terjadinya banjir dan gelombang tsunami berada di Lampung bagian Selatan, Timur, dan Barat, karena garis pantainya mencapai 1.182 km.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement