Senin 06 Dec 2021 17:28 WIB

Tiga Tahun Tsunami, Lampung Selatan Siaga Bencana

Tsunami terjadi akibat longsoran dari kawah Gunung Anak Krakatau.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Andi Nur Aminah
Tsunami terjang pesisir Banten dan Lampung (ilustrasi)
Foto:

Menurut Nanang, tim khusus ini akan berbagi tugas sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing. Sehingga penanganan bencana tidak lagi tumpang tindih tugas masing-masing. Untuk itu, koordinasi antarlintas dinas dan bagian dapat ditingkatkan sesudai tugas dan fungsi pokoknya. “Bila ada bencana, tidak perlu bentuk tim lagi, tapi langsung turun,” ujarnya.

Meski sudah terbentuk, dia berharap tidak ada bencana di wilayah Kabupaten Lampung Selatan. Tim tersebut, ujar dia, hanya untuk waspada dan bersiap siaga manakala terjadi bencana yang tidak dapat diprediksi. “Harus waspada sedini mungkin,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemprov Lampung telah menyiagakan seribuan petugas gabungan untuk mengantisipasi bencana alam pada musim penghujan tahun ini. Wilayah geografis Provinsi Lampung rawan bencana alam baik tanah longsor, gempa bumi, angin puting beliung, banjir bandang, dan gelombang tsunami.

“Kita siapkan seribuan personel dari BPBD dan Satpol PP, juga dibantu relawan dan TNI/Polri dalam mitigasi bencana,” kata Gubernur Lampung Arinal Djunaidi pada gelar kesiapan antisipasi bencana alam di lapangan Pemprov Lampung, belum lama ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement