Selasa 16 Nov 2021 15:06 WIB

Teguh, Pilih Bisnis Dimsum daripada Berkarier Manajer Bank

Teguh memulai berjualan dengan keluar masuk bazar untuk memasarkan produknya.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah
Teguh dan istrinya Septin Aldila, memilih mengembangkan usaha dimsum dan meninggalkan pekerjaannya di salah satu bank.
Foto:

Kini Teguh sudah mempunyai 20 karyawan yang bekerja dalam dua shift selama 24 jam demi memenuhi permintaan dari pelanggannya. Dalam sehari, Teguh bisa mencetak 15 ribu sampai 20 ribu dimsum siap antar. 

Tidak hanya itu, bisnis dimsum Teguh kini sudah mempunyai 17 distributor yang tersebar di seluruh Indonesia. Paling jauh berada di Bukittinggi, Sumatra Barat.

Saat pandemi mulai masuk ke Indonesia, awalnya bisnis dimsum milik Teguh mengalami penurunan sebanyak 25 persen. Kemudian Teguh juga mengembangkan dengan menawarkan dimsum secara online. Sejak saat itulah, penjualannya meningkat kembali bahkan hingga seribu persen. 

Ada banyak varian dimsum yang ditawarkan di Pabrik Dimsum milik Teguh. Mulai dari siomay, nori, gohyong, gyoza, ekado dan masih banyak lagi. Salah satu varian yang menjadi andalan di sana adalah dimsum lada hitam.

Untuk satu buah dimsum dijual sekitar Rp 1.850 hingga Rp 2.200. Dari penjualan dimsumnya tersebut, Teguh menyebutkan bahwa ia mendapat omzet yang sangat tinggi. "Kalau omzetnya sih sekarang sebulan mungkin sudah bisa beli mobil Pajero Sport atau bisa beli rumah sederhana di Kota Depok," ujarnya.

Teguh berharap usahanya bisa membantu orang-orang yang terdampak pandemi. Bisa menyerap tenaga kerja yang jumlahnya bertambah karena banyak usaha yang gulung tikar.

"Kita harus bisa bantu orang, bantu orang lebih banyak, dan bisa buka lapangan pekerjaan lebih banyak. Jadi dengan usaha ini, ini hanya sebagai alat buat kita biar bisa berbagi dengan orang lain." harapnya. 

Mau tahu inspirasi dari kisah perjalanan bisnis dimsum Teguh di bawah bendera Pabrik Dimsum ini, yuk simak di channel YouTube Jagalilin ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement