Selasa 16 Nov 2021 15:06 WIB

Teguh, Pilih Bisnis Dimsum daripada Berkarier Manajer Bank

Teguh memulai berjualan dengan keluar masuk bazar untuk memasarkan produknya.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah
Teguh dan istrinya Septin Aldila, memilih mengembangkan usaha dimsum dan meninggalkan pekerjaannya di salah satu bank.
Foto:

Mengapa Teguh memutuskan untuk tidak meneruskan lagi menjadi manajer bank dan menapak karir yang lebih tinggi lagi? Alasannya, selain merasa memiliki jiwa bisnis, ia juga merasa bersalah bekerja di bank karena soal riba.

"Kemudian saya mulai cari-cari tahu tentang bank, segala macam. Tentang riba. Akhirnya saya memutuskan untuk tidak lagi bergabung dengan pekerjaan yang lama," ungkap pria yang berdomisili di Jalan Flamboyan Raya, Kota Depok ini.

Awal resign tentu ada penolakan dari kedua orang tua dan juga mertuanya. Orang tua yang berprofesi sebagai PNS, mertua yang berprofesi sebagai karyawan BUMN, amat sangat melarang Teguh untuk keluar dari pekerjaan yang sudah membesarkan namanya ini.

Tetapi, Teguh justru ingin membuka usaha bersama sang istri, Septin Aldila (35). Awalnya mereka membuka usaha minuman Thai Tea. Kemudian baru berjualan dimsum yang diberi nama Pabrik Dimsum.

"Dulu waktu awal-awal resign, saya masih bingung tuh mau usaha apa. Kemudian saya buka Thai Tea. Waktu itu jualan awalnya di bazaar, setiap hari Jumat kita jualan. Dan, kemudian dari bazar-bazar itu kita lihat, apa sih yang bagus untuk pasangan Thai Tea ini. Akhirnya kita memutuskan untuk jualan dimsum," tuturnya.

Di awal usaha, Teguh menjalani bisnis hanya berdua dengan istrinya. Istrinya pun juga meninggalkan pekerjaannya di sebuah perusahaan swasta. Teguh dan istri mulai mencari racikan dimsum yang enak sampai dengan urusan keuangan dan marketing.

"Kami memulai usaha, artinya kita sudah tidak memikirkan diri kita sendiri, kita harus siap untuk memikirkan orang lain. Tapi pas dijalani ternyata berusaha itu luar biasa perjuangannya," terangnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement