Sabtu 02 Oct 2021 20:30 WIB

Bersama Mensos, Gubernur Sumbar Ingatkan Waspada Bencana

Mensos Risma dan Gubernur Mahyeldi kunjungi lokasi bencana Nagari Pasia Laweh

Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah berterima kasih atas kunjungan Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini dan Anggota DPR RI Jon Kennedy Aziz ke lokasi bencana di Padang Pariaman, Sabtu (2/10). Mahyeldi juga bersyukur atas perhatian Mensos Risma dengan kedatangan langsung ke korban longsor dan banjir di Nagari Pasia Laweh dan juga akan membantu pembangunan rumah bagi rumah-rumah rusak akibat bencana alam.
Foto:

Sementara Mensos RI Tri Rismaharini juga menyampaikan, kedatangan ke Sumatera Barat saat ini ingin melihat secara langsung kondisi bencana yang terjadi, terutama kenapa ada korban jiwa.

“Kedatangan kami dan rombongan selain memberikan bantuan dan ingin melihat secara langsung solusi dan hal-hal apa yang dapat diberikan terhadap peristiwa bencana yang terjadi baik kepada korban dan masyarakatnya juga hal-hal apa yang mesti dibenahi hingga ini tidak terjadi lagi nantinya,” ucapnya. 

Mensos juga menghimbau masyarakat dan pemerintah daerah untuk menjaga kebersihan lokasi ziara makam Syekh Burhanuddin di Ulakan Tapakis sebagai perbuatan amalan dan keberkahan, agar hal-hal yang kebaikan muncul dalam kehidupan sehari-hari. 

“Kita berharap masyarakat dapat menjaga kebersihan diri dan lingkungan tempat makam ini agar terlihat lebih baik dan membawa keberkahan. Selain lokasi ini sebagai wisata ziarah tentunya juga dibarengi dengan niat kebaikan salah satunya dengan menjaga kebersihan lokasi makam Syekh Burhanuddin ini,” ajaknya. 

Dalam kesempatan itu, Mensos menyerahkan dana bantuan untuk 7 korban meninggal kepada ahli waris Kesayangan Nduru sebanyak 105 juta rupiah. Kemudian juga menyerahkan bantuan untuk pengobatan korban longsor yang luka, sebanyak 5 juta rupiah. Sekaligus mendata rumah yang terkena longsor untuk menerima bantuan rehab rumah.

Rombongan kemudian beranjak ke Ulakan, melihat lokasi sekaligus korban bencana banjir. Disini, Risma menyerahkan santunan untuk korban meninggal dan bantuan sembako dan makanan anak untuk 209 keluarga yang terdampak bencana banjir.

Warga Nagari Ulakan, kepada menteri mengeluhkan kondisi mereka yang hampir tiap tahun menjadi korban banjir. Mereka berharap perhatian pemerintah daerah maupun pusat agar membangun tanggul pengaman di muara sungai.

 

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman, Beberapa Pejabat Kementerian Sosial RI, BNPB, beberapa OPD terkait di lingkup pemprov Sumbar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement