Sabtu 02 Oct 2021 03:13 WIB

Musim Hujan, Warga Dimbau Waspadai Genangan Air dan Banjir

Lokasi tersebut memang sudah langganan genangan air dan banjir.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Hiru Muhammad
Sejumlah kendaraan melintasi genangan air di Jalan Taman Duta Pelni, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, Kamis (31/1).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah kendaraan melintasi genangan air di Jalan Taman Duta Pelni, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, Kamis (31/1).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok mengimbau warga untuk waspada terhadap titik genangan saat musim hujan. Hujan yang terjadi setiap hari di Kota Depok, tentu akan menimbulkan genangan air di jalan serta juga potensi banjir dan tanah longsor.

"Ada beberapa titik genangan air di jalan dan banjir yang harus diwaspadai, akibat hujan deras. Ini merupakan lokasi rutin, walaupun sudah kami lakukan pengangkatan sampah," ujar Plt Kepala Dinas PUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty di Kantor PUPR Kota Depok, Jumat (1/10).

Menurut Citra, beberapa titik genangan air di jalan yakni di depan ITC Depok, Jalan Arif Rahman Hakim (ARH), Jalan Ridwan Rais, depan SPBU Pertamina Pondok Cina. Selain itu potensi banjir di Perumahan Bukit Cengkeh, Perumahan Taman Duta, SMA 5 Sawangan, Tirta Mandala dan lain-lain.

"Lokasi tersebut memang sudah langganan genangan air dan banjir. Namun yang bisa kami tangani hanya lokasi genangan air yang diakibatkan sampah, seperti crossingan inlet Situ Pladen di ARH," jelasnya.

Sebagai langkah antisipasi, lanjut Citra, pihaknya menyiagakan lima personel Satuan Tugas (Satgas) Banjir selama 24 jam. Sedangkan setiap harinya, pada jam kerja, seluruh Satgas melakukan kegiatan rutin. Mulai dari pengangkatan sampah, normalisasi situ, pembuatan turap dan sebagainya.

"Kami minta warga untuk selalu waspada dan menjaga kebersihan. Pasalnya, kita sudah memasuki musim penghujan dan potensi bencana bisa menimpa siapa saja," katanya. 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement