Sabtu 18 Sep 2021 22:59 WIB

Jawab Ancaman China di Natuna, Menhan Bawa Fregat Inggris

Menhan bawa pulang teknologi kapal perang canggih jenis fregat tipe Arrowhead 104

Menhan Prabowo bawa pulang teknologi kapal perang canggih jenis fregat tipe Arrowhead 104 dari Inggris.
Menhan Prabowo bawa pulang teknologi kapal perang canggih jenis fregat tipe Arrowhead 104 dari Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjawab ancaman kapal perang cina di laut Natuna dengan membawa pulang teknologi kapal perang canggih jenis fregat tipe Arrowhead 140 dari Inggris. Kabar itu disampaikan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad dalam keterangan tertulis yang dirilis pada Sabtu.

Fregat adalah jenis kapal perang ringan dengan kecepatan tinggi dan kemampuan manuver yang dilengkapi teknologi militer canggih terkini. “Fregat tipe Arrowhead 140 bikinan Inggris yang teknologinya dibawa pulang Prabowo adalah kapal perang ringan tercanggih yang ada sekarang,” ungkap Dasco.

Baca Juga

Dia mengatakan Arrowhead 140 tersebut dipersenjatai dengan rudal-rudal antipesawat, juga torpedo antikapal selam, yang membuatnya mampu memberikan pertahanan terhadap ancaman udara dan laut. Menurut dia, kapal ini juga punya kemampuan untuk menjadi kapal induk mini bagi helikopter angkatan laut baik untuk misi antar-jemput personel maupun misi penyelamatan SAR (search and rescue).

Dasco mengungkapkan kerja sama ini akan menciptakan ratusan kapal fregat dan yakin dengan adanya kapal itu akan membuat China takut berkeliaran di Indonesia.

Dia menambahkan kesepakatan antara Prabowo dengan Angkatan Laut Kerajaan Inggris memberikan alih teknologi kepada PT. PAL, produsen kapal laut Indonesia, untuk bisa memproduksi ratusan, bahkan ribuan fregat canggih ini.

"Yakinlah angkatan laut China akan gemetar melihat fregat tipe Arrowhead 140 berpatroli di lautan Indonesia, dan akan berpikir dua kali untuk wira-wiri di lautan Natuna lagi," pungkas Dasco.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/jawab-ancaman-kapal-perang-china-di-natuna-menhan-bawa-fregat-canggih-dari-inggris/2368126
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement