Kamis 16 Sep 2021 21:44 WIB

Tips dan Trik Amankan Data Gadget Dari Pencurian dan Hilang

Maraknya pencurian data akibatkan mudahnya terjadi penyalagunaan kartu kredit

 Septian Rheno WD / Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), Trainer & Praktisi Cyber Security
Foto:

Tips untuk Melindungi Ponsel dan Tablet PC

Lakukan tips berikut ini untuk melindungi ponsel dan tabletPC dari serangan penjahat siber:

1. Instal dan Gunakan Aplikasi Keamanan Siber

Perangkat apapun yang terhubung ke internet harus memiliki software security. Security Suite yang baik pasti memiliki beragam fitur yang dapat melindungi perangkat dan data Anda dari risiko ancaman kejahatan siber yang mungkin tidak disadari oleh pengguna perangkat tersebut. Pilih aplikasi keamanan yang mempunyai reputasi baik, pernah mendapatkan penghargaan sebagai brand terbaik dan yang pasti harus memberikan perlindungan real-time terhadap malware yang datang tiba-tiba.

2. Selalu lakukan update aplikasi yang digunakan

Lakukan update secara berkala dan jangan pernah mengabaikan notifikasi update yang diberikan oleh mobile operating system atau aplikasi yang terinstall di ponsel dan tablet PC Anda.

3. Berhati-hati Melakukan Instalasi Aplikasi.

Pastikan Anda menginstall hanya dari toko resmi seperti App Store untuk produk Apple, Google Play untuk produk Android. Jangan pernah mencoba untuk mengunduh dan menginstal dari sumber pihak ketiga atau yang tidak resmi.

4. Kunci Perangkat Anda

Lakukan pengamanan dengan mengunci perangkat Anda dengan berbagai cara seperti Pattern Lock, Fingerprint, Face Recognition atau Voice Recognition untuk laptop.

5. Waspada Smishing

 

Jika Anda menerima SMS yang mencurigakan, atau menyertai link url yang disingkat dengan bit.ly, disarankan untuk mengabaikannya, karena itu adalah SMS Phishing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement