Selasa 31 Aug 2021 13:22 WIB

Ketua DPR: Semangat Gotong Royong Intisari Nilai Pancasila

DPR merayakan HUT ke-76 dengan mengusung tema 'Hebat Bersama Rakyat'.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bayu Hermawan
Ketua DPR RI Puan Maharani
Foto: DPR
Ketua DPR RI Puan Maharani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) pada 29 Agustus lalu, merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-76 dengan mengusung tema 'Hebat Bersama Rakyat'. Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengatakan pada usianya ke-76 tahun, DPR meneguhkan kembali sebagai perwakilan rakyat yang berjiwa gotong royong.

"Semangat gotong royong yang merupakan intisari nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, sekaligus budaya bangsa akan menjadi landasan berpijak dan bintang penuntun bagi DPR," ujar Puan dalam pidatonya di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (31/8).

Baca Juga

Puan mengatakan, DPR akan bekerja sama dengan pemerintah untuk berjuang bersama rakyat. Demi mewujudkan Indonesia yang tangguh dalam menghadapi tantangan zaman dan pandemi Covid-19.

"Dalam rentang usia tersebut, DPR RI telah melalui perjalanan yang panjang dengan 18 periode pemerintahan dan berbagai nama, serta bentuk kelembagaan," katanya.

Lanjutnya, DPR telah bertransformasi dan sejalan dengan perkembangan kehidupan demokrasi di Indonesia. Tujuannya untuk mewujudkan demokrasi bangsa yang berlandaskan Pancasila.

"Demokrasi adalah alat untuk mencapai masyarakat adil dan makmur. Di dalam kehidupan demokrasi Pancasila, permusyawaratan dan perwakilan rakyat dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan yang bersumber dari jiwa bangsa, yaitu Pancasila," ujar Puan.

Puan  menjelaskan, demokrasi yang berlandaskan Pancasila merupakan permusyawaratan dan perwakilan rajyat yang menjangkau kebijaksanaan untuk seluruh rakyat. Apalagi Indonesia memiliki keberagaman suku, bahasan, agama, keyakinan, budaya, danm karakteristik wilayah.

"Pada usianya ke-76 tahun, DPR meneguhkan kembali sebagai perwakilan rakyat yang berjiwa gotong royong, yaitu kerja bersama, usaha bersama, amal bersama, perjuangan bantu-binantu bersama di dalam mewujudkan tujuan bernegara," ujar politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement