Jumat 23 Jul 2021 21:49 WIB

Blusukan ke Apotek, Jokowi Cek Ketersediaan Obat dan Vitamin

Presiden Jokowi mendatangi apotek dan mengecek ketersediaan obat untuk pasien Covid.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Bayu Hermawan
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Presiden Joko Widodo (Jokowi).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Presiden RI Joko Widodo mendatangi Apotek Vila Duta, di Jalan Raya Vila Duta, Bogor Timur, Kota Bogor, pada Jumat (23/7) siang. Saat mendatangi apotek tersebut, Jokowi menanyakan ketersediaan obat yang biasa digunakan untuk pasien Covid-19 dan multivitamin.

Jokowi tiba di Apotek Vila Duta sekitar pukul 14.20 WIB menggunakan mobil berwarna hitam. Dia mengenakan pakaian kemeja putih, celana hitam, dan masker hitam.

Baca Juga

Ketika memastikan ketersediaan obat khusus penanganan Covid-19, nama obat-obatan yang disebutkan Jokowi sayangnya tidak tersedia di apotek tersebut. Hal itu disampaikan oleh petugas Apotek Vila Duta, Herly Herinda.

Dia mengatakan mengatakan, saat tiba, Jokowi menunjukkan secarik kertas berisikan tiga jenis obat dan satu jenis multivitamin. "Tadi bawa kertas beliau mencari obat yang sekarang banyak dipakai orang terpapar Covid-19, itu yang dicari. Kebetulan sekarang semuanya tidak ada. Beliau hanya tanya itu aja," tutur Herly kepada wartawan, Jumat (23/7).

Herly menyebutkan, tidak adanya obat-obatan yang diinginkan Presiden lantaran saat ini obat-obatan tersebut sedang ramai dicari orang. Sehingga banyak apotek yang sudah kehabisan stoknya.

Tak hanya itu, banyaknya warga yang mencari obat tersebut untuk proses penyembuhan Covid-19, juga berdampak pada ketersediaan obat di level distributor. Herly menambahkan, pihaknya sulit mendapatkan obat-obatan tersebut sejak sebulan yang lalu.

"Kebetulan ketersediaan obat-obatan itu di kami sedang kosong, karena memang terkendala dari distributornya tidak ada, karena banyaknya warga yang mengkonsolidasikan obat itu untuk proses penyembuhan dari Covid-19," jelasnya.

Selain menanyakan ketersediaan obat-obatan Covid-19, Jokowi juga membeli sejumlah multivitamin. Salah satunya vitamin D3 1000 IU yang saat ini kerap dicari oleh masyarakat.

"Emang lagi susah stoknya. Karena banyak masyarakat juga yang mencari. Tadi saja presiden cuma beli D3 1.000 IU, dan beberapa multivitamin. Belanjaan pak presiden tadi tidak lebih dari Rp 100 ribu," ujarnya.

Sekedar diketahui, usai membeli sejumlah obat dari Apotek Vila Duta Jokowi pun meninggalkan lokasi, dan kembali ke Istana Kepresidenan Bogor pukul 14.41 WIB.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement