Senin 21 Jun 2021 08:02 WIB

Strategi Nasionalisme Bung Karno Melalui Fashion

Presiden simbol negara, sehingga apa yang dikenakannya pasti menjadi perhatian publik

Perancanh Busana, Samuel Wattimena.
Foto:

Pesona dan kharisma seorang penguasa memang bukan sesuatu yang mudah untuk dilupakan. Bung Karno sejak aktif dalam pergerakan kemerdekaan hingga menjadi seorang nomor satu di Indonesia selalu memperhatikan detail penampilannya. Saking perhatiannya, Bung Karno disebut-sebut sampai memastikan hal-hal kecil seperti bentuk pakaian dan keserasian warna.

Perancang mode yang fokus pada kain nusantara ini kemudian menambahkan, Bung Karno sangat yakin bahwa cara berpakaian yang digunakan akan menunjukkan derajat seseorang. Lewat apa yang dikenakan, sejatinya Bung Karno hendak menunjukan bahwa Indonesia sejajar dengan negara-negara lain di dunia.

“Jadi beliau sangat memahami, bahwa apapun yang beliau ucapkan, kenakan dan pilih, semua harus efisien. Jadi harus memberikan dampak,” lanjut Sammy, sapaan akrabnya.

Penerima Apresiasi Ikon Prestasi Pancasila 2020 ini menggarisbawahi salah satu unsur Trisakti cetusan Bung Karno yakni ‘berkepribadian di bidang kebudayaan’, selain ‘berdaulat di bidang politik’ dan ‘berdikari di bidang ekonomi’.

“Karena itulah, apapun yang dikenakan Bung Karno akan memberikan pengaruh besar bagi masyarakat dan dunia. Tekad beliau, lewat kebudayaan, membawa Indonesia untuk sejajar dengan negara-negara lain di dunia,” tegas seniman yang pernah menjabat Staf Khusus Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah 2014-2019.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement