Sabtu 17 Apr 2021 05:25 WIB

Harlah ke-61 Tahun PMII: Refleksi Kemerdekaan-Kebersamaan

Harlah ke-61 PMII merupakan momentum peningkatan SDM dan organisasi

Harlah ke-61 PMII merupakan momentum peningkatan SDM dan organisasi. Logo PMII
Foto:

Oleh : Ketua Bidang OKP PB PMII Periode 2017-2021, Muhammad Syarif Hidayatullah

Pertama, usia 61 tahun PMII bukan lah usia yang muda lagi. PMII telah melewati berbagai fase kesejarahannya dengan berbagai dinamika baik internal maupun eksternal.

Usia yang yang lebih dari setengah abad ini semestinya menjadikan PMII sebagai organisasi yang bersifat merdeka. Merdeka bukan dalam pengertian sebebas-bebasnya (liberal) tetapi menjadi organisasi yang independen dan mandiri dalam bergerak dan menentukan sikapnya dalam memajukan organisasi. 

Tidak boleh ada satu kekuatan politik apapun di luar PMII yang mendikte atau menginterfensi PMII. Jika kekuatan politik di luar PMII dibiarkan berseliweran di tubuh PMII, maka sulit bagi PMII untuk mewujudkan PMII sebagai organisasi terdepan dalam kemajuan karena tidak adanya kemerdekaan kader secara organisasi. PMII akan bergerak dalam tekanan-tekanan politik yang bisa menghambat kemajuan organisasi.

Kedua, sebagai organisasi terbesar di Indonesia dengan keberadaan anggota dan kadernya yang tersebar di seluruh Indonesia, sudah selayaknya menjadi milik bersama para kader dan anggota. PMII tidak boleh dikooptasi dan dikuasai hanya segelintir kelompok tertentu yang merasa memiliki power yang lebih dari kader atau anggota lainnya. 

Kebersamaan dalam PMII mesti dibangun dan dijaga sebagai rumah bersama bagi seluruh anggota dan kader PMII dari Papua hingga Sumatera. Bagi penulis, harapan PMII untuk menjadi terdepan dalam kemajuan di usianya ke-61 tahun ini akan lebih mudah dicapai jika diperjuangkan bersama-sama dengan penuh kebersamaan. Bersama-sama membangun kesadaran dan rasa kepemilikan anggota dan kader terhadap PMII dengan berkolabarasi.

Akhirnya, sebagai kader yang lahir dari rahim PMII, penulis mengucapkan selamat Hari Lahir Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia yang ke-61 tahun. Penulis berharap semoga di usianya ke-61 tahun ini, anggota dan kader PMII di seluruh wilayah Indonesia dari Timur hingga Barat, dari Papua hingga Sumatra dapat berkolabarasi dalam mewujudkan cita-cita organisasi secara merdeka, khususnya dalam mewujudkan PMII terdepan dalam kemajuan.  

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement