Ahad 14 Mar 2021 19:09 WIB

Stok Darah Berkurang, Sukabumi Gencarkan Donor Darah

Target donor darah Sukabumi bisa mengumpulkan sebanyak 100 labu darah

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Gita Amanda
Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Cabang Kota Sukabumi yang menggelar donor darah di Sekretariat INTI di Danalaga Square Kota Sukabumi, Ahad (14/3).
Foto:

Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo mengapresiasi INTI yang sangat aktif berpartipasi dalam penyediaan labu darah di Kota Sukabumi. Sebab di masa pandemi Covid-19 sangat kekurangan.

''Kami berharap dengan adanya partisipasi dari INTI yang sudah sering dilakukan akan mencukupi kebutuhan darah di kota dan akan diikuti organisasi atau kelompok lain,'' imbuh Suranto. Sebelumnya di masa pandemi kebutuhan labu darah dibantu dengan keluarga yang membawa keluarga untuk mendonorkan darahnya.

Di mana per bulannya kebutuhan labu darah mencapai sekitar 1.500 labu darah dan saat ini masih kekurangan. Ke depan lanjut Suranto, PMI akan terus melakukan sosialisasi ke RT dan RW yang diharapkan donor darah di kelurahan dan kalau maksimal bisa mencukupi kebutuhan labu darah.

Kepala Badan Kesbang Kota Sukabumi Yudi Yustiawan yang mewakili Pemkot Sukabumi menambahkan, kegiatan ini sangat baik terutama berkaitan dengan kemanusiaan. '' INTI memfasilitasi donor darah yang dibutuhkan masyarakat karena informasi dari PMI stok darang berkurang dan harus diisi dan salah satunya dengan acara ini,'' cetus dia.

Yudi mengatakan, dalam donor darah ini tidak ada sekat karena ada pembauran dari tionghoa, sunda dan lainnya. Kondisi ini untuk terciptanya toleransi di Kota Sukabumi. Apalagi Sukabumi baru ditetapkan menjadi kota toleran di Indonesia yang harus dipertahankan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement