Jumat 12 Mar 2021 22:02 WIB

UBSI Kampus Pontianak Hibahkan Sistem Informasi Akuntansi

Aplikasi tersebut dihibahkan kepada PT GM Motor Pontianak.

Ita Natalia, mahasiswi UBSI Pontianak (kiri) menyerahkan aplikasi Sistem Informasi Akuntansi Pembelian, Penjualan dan Jasa Servis kepada Sugiato selaku direktur PT GM Motor Pontianak.
Foto: Dok UBSI
Ita Natalia, mahasiswi UBSI Pontianak (kiri) menyerahkan aplikasi Sistem Informasi Akuntansi Pembelian, Penjualan dan Jasa Servis kepada Sugiato selaku direktur PT GM Motor Pontianak.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -– Kampus Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Pontianak menghibahkan aplikasi hasil kolaborasi dosen Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Akuntansi (SIA) dengan mahasiswa. Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi Pembelian, Penjualan dan Jasa Servis ini diberikan kepada PT GM Motor Pontianak. 

Ita Natalia, mahasiswi UBSI Pontianak beserta Lisnawanty dan Ardiyasnyah selaku dosen pembimbing ikut serta mendampingi dalam penyerahan aplikasi ini secara langsung, pada Senin (8/3). PT GM Motor merupakan perusahaan swasta yang bergerak di bidang penjualan spare part dan jasa servis mobil. Meningkatnya kebutuhan tingkat pengendara mobil di kota Pontianak, membuat perusahaan ini perlu mengembangkan bisnisnya secara digital. 

Ardiyansyah mengungkapkan peluang ini yang memicu mahasiswa Universitas BSI Pontianak membuatkan aplikasi sistem informasi akuntansi. 

“Dengan adanya Sistem Informasi Akuntansi Pembelian, Penjualan dan Jasa Servis, maka diharapkan dapat menjadi solusi bagi perusahaan dalam mengelola transaksi pembelian, penjualan dan jasa servis serta laporan yang sebelumnya menggunakan tulis tangan menjadi sistem yang telah terkomputerisasi sehingga akan lebih cepat dan akurat,” katanya dalam keterangan pers, Selasa (9/3). 

Sugiato selaku direktur PT GM Motor Pontianak menanggapi hal ini dengan sangat baik. Menurutnya aplikasi yang dihibahkan sangatlah bermanfaat untuk pengembangan bisnis secara cepat. 

“Selama ini kegiatan pengolahan data pembelian, penjualan dan jasa servis memanfaatkan Microsoft Excel dan Microsoft Word. Dokumen-dokumen yang berkaitan dengan pembelian, penjualan dan jasa servis disajikan dalam bentuk cetakan kertas. Memang pencatatan transaksi di PT GM Motor Pontianak sejauh ini aman saja, namun pengelolaan dokumen masih tidak terstruktur dengan baik,”  ujar Sugiato. 

Ita Natalia selaku pembuat aplikasi mengucapkan terima kasih atas bimbingan dan pendampingan oleh kedua dosennya, serta pihak PT GM Motor yang telah memberikan peluang untuk bisa melakukan riset di perusahaan tersebut. 

“Terima kasih saya sampaikan kepada kedua dosen pembimbing dan pihak PT GM Motor Pontianak yang telah membimbing dan mendampingi serta mendukung saya dalam menyelesaikan pembuatan Sistem Informasi Akuntansi atau Aplikasi ini dengan baik. Semoga aplikasi ini membantu pihak PT GM Motor dalam mengembangkan bisnisnya,” tutup Ita Natalia.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement