Ahad 07 Mar 2021 19:06 WIB

Kawanan Gajah Liar Digiring Masuk Hutan TNBBS

Gajah liar masuk ke kampung pada malam hari.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Dwi Murdaningsih
Gajah (ilustrasi)
Foto:

Menurut Darsim, kawanan gajah dari hutan TNBBS tersebut sudah pernah masuk kampung warga di Talang Lokasi, Talang Batu Ampar, dan Talang Batu, Desa Sukamarga, Kecamatan Suoh, Lampung Barat, beberapa waktu lalu. Selain merusak rumah, konflik gajah dan manusia ini menyebabkan tanam tumbuh warga di lading ikut rusak.

Ia mengatakan, gajah-gajah tersebut masuk kampung karena memang jalur perlintasan kawasanan gajah yang habitatnya berada di hutan TNBBS. Ironisnya, jalur perlintasan gajah-gajah liar tersebut saat ini sudah berdiri rumah dan ladang-ladang milik warga dengan tanam tumbuhnya.

Kepala TNBBS Resort Suoh Sulki kepada pers menyatakan, kawanan gajah liar tersebut masuk kampung warga pada petang hingga malam hari. Sedangkan siang harinya berada dalam hutan. Menurut dia, dari sejumlah kawanan gajah tersebut, terdapat gajah bernama Bunga yang telah disematkan GPS oleh TNBBS.

Dari pemantauan pihak TNBBS, gajah Bunga berada sekitar lima kilometer dari jalan penghubunga desa. Petugas TNBBS bersama mitra berupaya mencegah dengan melakuakn penghalauan agar kawanan gajah liar tersebut tidak menyeberang ke daerah lain.

Ia berharap warga yang berladang dan berumah di jalur perlintasan gajah untuk waspada dan tidak melakukan penghalau secara mandiri tanpa bantuan dan koordinasi dengan petugas, demi menjaga keselamatan. Menurut data TNBBS, rumah-rumah warga yang dirusak gajah tersebut, pernah terjadi beberapa waktu lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement