Selasa 16 Feb 2021 00:15 WIB

Ini Aset Tersangka Sonny W Terkait Dugaan Korupsi Asabri

Aset-aset dalam berbagai bentuk tersebut nominalnya mencapai Rp 55 miliar lebih. 

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Agus Yulianto
Mantan Dirut PT ASABRI (Persero) Sonny Widjaja.
Foto:

Dalam kasus korupsi PT Asabri, Jampidsus menetapkan delapan orang tersangka. Penyidikan di Jampidsus, sejak pekan lalu sudah mulai melakukan penelusuran, dan penyitaan aset. Terbanyak dari tersangka Benny Tjoksosaputro, dan Heru Hidayat. Dari dua tersangka yang juga terpidana seumur hidup dalam kasus PT Asuransi Jiwasraya itu, penyidik menyita mulai tanah, dan lahan ratusan hektare, sampai penyitaan kendaraan pribadi.

Bahkan kapal tanker LNG Aquarius, dan tongkang pengangkut batubara pun turut disita. Tersangka lainnya, yakni Sonny Widjaja dan Adam Rachmat Damiri yang merupakan mantan dirut Asabri. Selain itu ada Lukman Purnomosidi, dan tersangka dari jajaran mantan direksi Asabri, Hari Setiono, dan Bachtiar Efendi, serta Ilham W Siregar.

Berikut daftar aset milik tersangka Sonny Widjaja yang dilaporkan MAKI ke Jampidsus di Kejakgung yang diduga berasal dari hasil dugaan korupsi di PT Asabri:

1. Bangunan gedung peruntukan garasi bus RWJ, dengan perkiraan harga lahan senilai Rp 8 miliar, dan taksiran nilai bangunan garasi senilai Rp 12 miliar yang berada di Desa Pelem, Kecamatan Simo, Boyolali.

2. Lahan dan bangunan seluas 250 meter persegi yang berada di Dusun Tegal Rayung, Desa Pelem, Kecamatan Simo, Boyolali, dengan nilai taksiran lahan dan bangunan Rp 750 juta, dan Rp 800 juta.

3. Bangunan rumah dengan taksiran nilai seharga Rp 600 juta yang berada di Purwotaman, Desa Pelem, Kecamatan Simo, Boyolali. 

4. Lahan kosong senilai Rp 800 juta di Simo Baru, Desa Simo, Kecamatan Simo, Boyolali.

5. Tanah seluas 400 meter persegi, seharga Rp 200 juta di Candi Asri, Desa Simo, Kecamatan Simo, Boyolali.

6. Tanah beserta bangunan garasi untuk bus FJ yang berada di Desa Karangkepoh, Kecamatan Karanggede, Simo, Boyolali. Perkiraan harga tanah dan bangunan tersebut, masing-masing Rp 1 miliar, dan Rp 8 miliar.

7. Lahan Kosong dengan harga pembelian Rp 2 miliar yang rencananya akan dibangun menjadi rest area di depan bangunan garasi bus FJ di Desa Karangkepoh, Kecamatan. Karanggede, Boyolali.

8. Armada Bus RWJ berjumlah 15 unit, dengan harga perolehan perunit senilai Rp 1,4 miliar menjadi total sekitar Rp 21 miliar.

 

9. Armada Bus FJ berjumlah 10 unit dengan harga perolehan per unit Rp 1,4 miliar, menjadi total sekitar Rp 14 miliar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement