Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Ma'ruf mengatakan, kanal-kanal digital baru diluncurkan untuk meningkatkan pemberian informasi dan penanganan pengaduan dari masyarakat.
Beberapa kanal-kanal yang menjadi andalan BPJS Kesehatan adalah Chat Assistant JKN (CHIKA), Voice Interactive JKN (VIKA), dan Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA). "Melalui berbagai kanal berbasis digital, peserta dapat mengakses layanan yang bersifat administratif tanpa perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan," kata Iqbal.
Selama pandemi, pemanfaatan layanan administratif melalui kanal digital mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Iqbal menjelaskan, hingga Agustus 2020, aplikasi Mobile JKN sudah digunakan oleh 9,9 juta peserta JKN-KIS.
"Perubahan lokasi FKTP dan perubahan alamat peserta JKN-KIS adalah fitur-fitur di Mobile JKN yang paling banyak dimanfaatkan penggunaannya," kata Iqbal menambahkan.
Selain itu, peningkatan kualitas layanan juga dirasakan di fasilitas kesehatan.Di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) telah menerapkan konsultasi dokter tanpa tatap muka melalui Mobile JKN Faskes.
BPJS Kesehatan bersama Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) juga melakukan sinergi untuk meningkatkan pelayanan. Pada lingkup Fasilitas Kesehatan Tingkat Rujukan (FKRTL) BPJS Kesehatan berfokus pada hal-hal yang sering menjadi aduan peserta.
Koordinator BPJS Watch Timboel Siregar menilai, prestasi dewan direksi BPJS Kesehatan di akhir periodenya sudah bagus, yaitu menghasilkan neraca yang surplus. Ia optimistis, sistem JKN-KIS di Indonesia akan terus menjadi lebih baik ke depannya. "Jadi, dewan direksi sekarang sudah baik menutup periodenya. Harus ditingkatkan oleh dewan direksi ke depan," kata Timboel.
Perbaikan-perbaikan yang dilakukan BPJS Kesehatan saat ini, menurut Timboel, harus terus dilakukan ke depannya. Ia mengatakan, masalah akan terus datang. Namun, apa yang sudah terjadi harus diperbaiki dan masalah yang akan datang harus bisa diselesaikan. "Jadi, memperbaiki secara terus-menerus," kata Timboel menegaskan.