Rabu 10 Feb 2021 16:16 WIB

Relawan Sibat PMI Sukabumi Edukasi Prokes ke Lansia

Kelompok lansia merupakan kalangan yang sangat rentan terhadap penularan Covid-19.

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) PMI Kota Sukabumi edukasi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cilole, Rabu (10/2)
Foto: PMI Kota Sukabumi
Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) PMI Kota Sukabumi edukasi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cilole, Rabu (10/2)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus dilakukan di Kota Sukabumi. Salah satunya dengan mengerahkan relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) yang merupakan para anggota relawan PMI di tingkat kelurahan.

" Pengerahan relawan ini dalam rangka upaya pencegahan penyebaran Covid-19 sampai di tingkat kelurahan," ujar Koordinator Sibat Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole Yusmeli, kepada wartawan Rabu (10/2). Mereka melakukan edukasi dan promosi pencegahan Covid-19 kepada kelompok rentan seperti kalangan lanjut usia (lansia).

Sebab kata Yusmeli, kelompok lansia merupakan kalangan yang sangat rentan terhadap penularan Covid-19. Sehingga para relawan Sibat memberi perhatian khusus dalam upaya pencegahan penyebaran di kelompok lansia.

Lokasi yang menjadi sasaran pertama sosialisasi ini yakni dengan menggandeng pihak kelurahan Cisarua dan kader posyandu seperti di Posyandu Aster RW 13. Peserta sosialisasi adalah para warga khususnya bagi kaum lansia.

"Selain melakukan praktek cuci tangan yang benar sebagai upaya promosi PHBS, para relawan Sibat juga melakukan penyemprotan disinfektam di lingkungan sekitar masyarakat," kata Yusmeli. Para relawan Sibat juga memberikan edukasi dengan cara yang sederhana dan mudah diserap dan diingat.

Misalnya mulai cara pemakaian masker, dilanjutkan praktek mencuci tangan yang benar dengan menggunakan sabun. Warga juga didorong untuk selalu menjaga jarak dan harus menggunakan masker setiap harinya apalagi saat sedang mengobrol atau berkomunikasi.

Dalam kegiatan ini ada sekitar 35 orang lansia yang mengikuti sosialisasi. PMI pun mengapresiasi, meskipun di usianya yang sudah senja ternyata mereka tetap semangat dan peduli. " Kami juga memberikan paket bantuan PHBS kit kepada para peserta kegiatan yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan praktek cuci tangan yang benar," kata Yusmeli.

Pemberian paket kebersihan ini dapat memberikan manfaat yang besar kepada kaum lansia untuk dipergunakan serta kembali mengingatkan untuk selalu menjaga PHBS.

Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo mengatakan, kegiatan yang dilakukan kelurahan tersebut merupakan rangkaian dari Program penguatan respon Covid-19 dengan melibatkan relawan Sibat di tingkat kelurahan. Langkah ini sebagai upaya optimalisasi peran aktif relawan dalam pencegahan pandemi Covid-19 di lingkungannya masing masing.

Terlebih saat ini diberlakukannya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro di berbagai daerah. Dalam rangkaian kegiatan ini pihaknya mendapatkan dukungan dari USAID, Federasi Internasional Palang Merah dan Bulang Sabit Merah (IFRC), dan PMI Pusat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement