Selasa 09 Feb 2021 17:27 WIB

Menyemai Benih di Kampung Buah Bercahaya

Dukuh Baran menjadi lokasi eduwisata berkaitan dengan sederet pohon dan buah-buahan.

Rep: Wilda Fizriyani / Red: Agus Yulianto
Sejumlah bibit buah dari program Kampung Buah Bercahaya ditanam di lahan warga, Dukuh Baran, Buring, Kedungkandang, Kota Malang.
Foto:

Kampung Buah Bercahaya Bantu Perekonomian

Senior Manager General Affairs PLN Unit Induk Distribusi (UID), Jatim, A Rasjid Naja berharap, Kampung Buah Bercahaya ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Perekonomiannya bisa meningkat melalui kemandirian dalam mengoptimalkan lahan warga sebagai tempat berkebun dan menghasilkan. Apalagi lokasi ini dikenal sebagai desa swadaya yang memiliki kekuatan di sektor pertanian dan ekonomi kreatif.photo

PLN melalui Program PLN Peduli telah memberikan bantuan berupa bibit tanaman buah produktif. Kemudian fasilitas kegiatan pelatihan kewirausahaan dan sarana kepada warga setempat. "Salah satunya seperti pembangunan gapura untuk mengenalkan lokasi tersebut," kata Rasjid.

Adapun pelatihan yang telah diberikan PLN antara lain budidaya lebah dan vegetasi bunga. Selanjutnya, pengolahan hasil pangan, budidaya maggot, biokonversi limbah organik dan sebagainya. Menurut Rasjid, pelatihan tersebut sudah terlaksana dengan baik.

Saat ini, kata Rasjid, bibit buah produktif sudah ditanam dengan melibatkan lahan warga. Dia tak menampik, Kampung Buah Bercahaya masih membutuhkan pengembangan lebih lanjut. Dengan demikian diharapkan bisa lebih banyak lagi melibatkan masyarakat dan memberdayakan mereka untuk mendorong perekonomian.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement