Senin 08 Feb 2021 12:18 WIB

Semburan Abu Gunung Raung Capai 2.000 Meter Pagi Ini

Pos Pengamatan juga melihat pantulan cahaya api dari puncak Gunung Raung.

Gunung Raung mengeluarkan asap terlihat dari Desa Pakisan, Tlogosari, Bondowoso, Jawa Timur, Ahad (24/1/2021). Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung melaporkan data pengamatan, Gunung Raung terpantau jelas, asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tipis hingga sedang dan tinggi 200 - 400 meter di atas puncak kawah dan status gunung masih di Level II (Waspada).
Foto:

"Arah sebaran abu vulkanik tetap sama seperti kemarin, mengarah ke timur-tenggara. Kami perkirakan sebaran abu vulkanik di Kecamatan Kota Banyuwangi, Giri, Kalipuro, dan lainnya, sama seperti kemarin. Pagi ini pun di pos pengamatan Kecamatan Songgon juga sudah turun abu vulkanik, tapi tipis," tuturnya.

Ia menambahkan, untuk kegempaan tremor menerus atau mikrotremor, terekam dengan amplitudo 3 hingga 16 MM dan tetap dominan 6 MM. "Masyarakat kami imbau tidak beraktivitas dalam radius 2 kilometer dari pusat letusan puncak kawah Gunung Raung, karena berbahaya," ucapnya.

Pada Ahad (7/2), abu vulkanik letusan Gunung Raung mengguyur sejumlah wilayah di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu. Bandara Banyuwangi bahkan ditutup sementara akibat dampak sebaran abu vulkanik karena berisiko bagi penerbangan.

Gunung Raung mengalami letusan sejak 20 Januari 2021. Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral pada Kamis (21/1), menetapkan aktivitas vulkanik Gunung Raung dinaikkan dari Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada) hingga saat ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement