Rabu 03 Feb 2021 18:35 WIB

BPBD Jabar Siapkan Relokasi Korban Longsor Sumedang

Alternatif relokasi korban adalah membeli lahan perumahan dekat wilayah longsor

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kegiatan trauma healing di lokasi pengungsian korban longsor Sumedang, Jawa Barat.Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat (Jabar) mengungkapkan tanah di lokasi di Desa Cihanjuang, Cimanggung, Sumedang yang longsor pada Sabtu (9/1) bulan lalu tidak layak huni. Oleh karena itu, BPBD Jabar berencana merelokasi 131 kepala keluarga (KK) terdampak bencana ini.
Foto:

Menurutnya, langkah relokasi warga terdampak ini menjadi solusi paling masuk akal. Sebab tanah tidak perlu ada pembebasan lahan sehingga siap lebih cepat. Selain itu, lokasinya tidak begitu jauh sehingga dapat jadi nilai lebih bagi warga untuk mengikuti saran relokasi tersebut.

"Mungkin sudah bisa juga untuk memulai proses pembangunannya, lalu fasilitas umum sudah dibangun, misalnya jalan air listrik," ujarnya.

 

Ia menambahkan, total kebutuhan pendanaan penanganan bencana ini yaitu sebesar Rp 158,16 miliar. Ia memperinci kebutuhannya untuk permukiman Rp 79,93 miliar, kemudian infrastruktur Rp 53,19 miliar, kemudian ekonomi produktif Rp 8,55 miliar, kemudian sosial Rp 2,93 miliar, dan Rp 13,556 miliar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement