Senin 01 Feb 2021 20:54 WIB

49 Bencana Landa Kuningan Sepanjang Januari

Bencana tanah longsor mendominasi kasus di Kuningan sepanjang Januari 2021

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Sejumlah warga bergotong royong membuka akses jalan yang tertutup longsor (ilustrasi). Bencana tanah longsor mendominasi kasus di Kuningan sepanjang Januari 2021
Foto:

Pada 2019, jumlah kejadian bencana yang terjadi di Kabupaten Kuningan tercatat ada 192 kejadian. Sedangkan pada 2018 dan 2017, masing-masing tercatat 257 kejadian dan 234 kejadian.

"Kami imbau masyarakat tetap waspada karena ini masih puncak musim hujan," tukas Indra.

Sementara itu, hujan yang disertai angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan) hingga beberapa hari kedepan. 

"Potensi hujan dan angin kencang itu terjadi mulai 31 Januari hingga 3 Februari 2021," ujar Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kertajati Kabupaten Majalengka, Ahmad Faa Izyn.

Kecepatan angin hingga tiga hari kedepan di Wilayah Ciayumajakuning itu diprakirakan dapat mencapai nilai maksimum 56 km/jam. Faiz menjelaskan, potensi hujan yang disertai angin kencang itu disebabkan oleh terbentuknya pusat tekanan rendah di wilayah selatan ekuator Indonesia yang mencapai 988 hPa. Selain itu, terdapat belokan angin yang meningkatkan pertumbuhan awan-awan hujan.

 

Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat di Wilayah Ciayumajakuning agar lebih waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan. Seperti pohon tumbang, baliho roboh dan lainnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement