Senin 01 Feb 2021 17:05 WIB

PDIP: Perlu Dibangun Road Map Kedaulatan Pangan

Masyarakat dan para ahli perlu didorong untuk bergerak di sektor pertanian.

Sekjen PDIP, Hasto Kristianto.
Foto:

"Dengan politik pangan seperti ini, maka kebijakan fiskal, pengembangan teknologi pertanian, dan juga riset benih unggul, serta sistem distribusi yang lebih berkeadilan wajib diwujudkan. Beberapa hal strategis itulah yang dimaksudkan dengan politik pangan, dan tentunya, peningkatan kesejahteraan petani menjadi titik sentralnya," lanjut Hasto. 

Hasto menegaskan, perlu mendorong daya tarik masyarakat dan para ahli untuk bergerak di sektor pertanian. Dirinya mengingatkan apa yang disampaikan oleh pendiri bangsa Bung Karno. 

"Apa yang disampaikan oleh Bung Karno bahwa sektor pangan menyangkut hidup matinya negeri. Karena itulah jangan malu bagi kader-kader PDI Perjuangan membangun profesi di bidang pertanian. Jangan malu untuk menjadi seorang petani, tetapi seorang petani yang mempunyai visi untuk menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk pengembangan dan peningkatan produksi pangan ini," ungkap Hasto.  

Dia berharap segala upaya seperti memberikan intensif kepada para peneliti dan anak bangsa untuk mengembangkan teknologi bagi perkembangan sektor pangan, dimulai dari pembenihan bibit unggul, intensifikasi pertanian, manufaktur alat-alat produksi pascapanen dan lainnya. Kesemuanya harus didukung. Bahkan, dirinya meminta agar mendukung upaya Presiden Jokowi dalam hal mengembangkan food estate. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement