Senin 01 Feb 2021 13:02 WIB

Ridwan Kamil: Data Kasus Amburadul Buat PPKM tak Efektif

Data kasus yang selama ini dirilis setiap harinya masih kurang tepat.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Foto:

Yakni, kata dia, mulai dari mereka yang tidak menggunakan masker maupun menjaga jarak. Untuk tingkat kedisiplinan dalam menggunakan masker saat ini angkanya dari dari 50 persen menjadi 83 persen. Selain itu angka jaga jarak di Jabar pun semakin membaik dari sebelumnya.

"Jadi kalau nonkasus ini angkanya semakin baik. Termasuk dengan tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit," papar Emil.

Emil pun menyebut, berdasarkan rapat koordinasi dengan pemerintah pusat, akan ada penguatan untuk pendisiplinan dari TNI dan Polri selama PPKM diberlakukan

Sebelumnya, PPKM di Pulau Jawa dan Bali tidak efektif menekan angka penyebaran Covid-19. Pernyataan itu disampaikan langsung oleh Presiden Joko “Jokowi” Widodo dalam rapat terbatas yang diunggah akun YouTube Sekretariat Presiden, Ahad (31/1). 

“Saya ingin menyampaikan mengenai yang berkaitan dengan PPKM, tanggal 11-25 Januari, kita harus ngomong apa adanya, ini tidak efektif," kata Jokowi. 

 

Jokowi menjelaskan, esensi kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat yang diberlakukan di tengah pandemik saat ini ialah mengurangi atau bahkan mencegah terjadinya mobilitas masyarakat untuk menekan laju penularan Covid 19. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement