Selasa 26 Jan 2021 18:08 WIB

Persiapan Vaksinasi di Ciamis Diklaim Sudah Matang

Penerima vaksin harus melakukan registrasi melalui aplikasi.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Ani Nursalikah
Persiapan Vaksinasi di Ciamis Diklaim Sudah Matang. Petugas menata kemasan vaksin COVID-19 Sinovac sebelum dimasukan ke dalam lemari pendingin khusus vaksin di Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (26/1/2021). Dinas Kesehatan Kabupaten Garut menerima sebanyak 12.200 vaksin COVID-19 Sinovac sebagai tahap satu pendistribusian vaksin dengan prioritas penyuntikan kepada pejabat daerah dan tenaga kesehatan di Kabupaten Garut.
Foto:

Hal itu dilakukan agar masyarakat semakin yakin untuk melakukan vaksinasi Covid-19. Sebab, saat ini banyak hoaks yang beredar mengenai vaksin. 

Ia berharap, masyarakat tak perlu lagi meragukan mengenai vaksinasi Covid-19. Sebab, dengan vaksinasi, masyarakat akan memiliki kekebalan terhadap penularan Covid-19. 

"Tanggal 1 akan kick off. Semua forkopimda sudah bersedia. Ada juga dari perwakilan tokoh agama, baik dari MUI, gereja, dan lainnya, agar mencontohkan masyarakat untuk siap divaksin," kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, Yoyo mengatakan, pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan dua tahap. Tahap pertama akan menyasar tenaga kesehatan (nakes) dan pelayan publik. Baru setelahnya, vaksinasi akan dilakukan kepada masyarakat umum.

"Targetnya 70 persen masyarakat Ciamis tervaksinasi. Karenanya hal ini perlu digalakan ke semua pihak, rencananya pelaksanaan vaksinasi akan diawali oleh publik figur atau pimpinan daerah dan tokoh masyarakat, dalam rangka mendukung kesuksesan pelaksanaan vaksinasi," kata dia.

 

Sebelumnya, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya sudah menyatakan kesiapannya untuk menjadi orang pertama melakukan vaksinasi Covid-19 di daerahnya. "Saya siap menjadi orang Ciamis pertama yang melakukan vaksinasi,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement