Selasa 26 Jan 2021 18:08 WIB

Persiapan Vaksinasi di Ciamis Diklaim Sudah Matang

Penerima vaksin harus melakukan registrasi melalui aplikasi.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Ani Nursalikah
Persiapan Vaksinasi di Ciamis Diklaim Sudah Matang. Petugas menata kemasan vaksin COVID-19 Sinovac sebelum dimasukan ke dalam lemari pendingin khusus vaksin di Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (26/1/2021). Dinas Kesehatan Kabupaten Garut menerima sebanyak 12.200 vaksin COVID-19 Sinovac sebagai tahap satu pendistribusian vaksin dengan prioritas penyuntikan kepada pejabat daerah dan tenaga kesehatan di Kabupaten Garut.
Foto:

Untuk tempat pelaksanaan vaksinasi, terdapat 41 fasilitas kesehatan (faskes) yang disiapkan, yang terdiri dari 37 puskesmas, satu RSUD, dan tiga rumah sakit swasta. Di masing-masing faskes itu, juga telah disiapkan vaksinator yang sudah dilatih.

"Tempat vaksinasi itu bisa saja ditambah untuk mempercepat pelaksanaan. Tapi kami masih tunggu regulasinya," kata dia.

Terkait manajemen vaksinasi, Bayu menjelaskan, penerima vaksin akan mendapat pesan melalui aplikasi. Penerima vaksin juga harus melakukan registrasi melalui aplikasi.

Namun, ia juga akan memfasilitasi pendaftaran secara manual. Menurut dia, hal itu akan mempercepat pelaksanaan vaksinasi.

Kendati demikian, ia berharap, penerima vaksin lebih teratur dalam pelaksanaan vaksinasi. "Diharapkan mematuhi jadwal yang ditentukan. Jangan sampai tak datang. Karena penerima vaksin akan mendapat setifikat sesuai dengan nomor vaksin yang diberikan," kata dia.

Bayu mengatakan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Ciamis akan dimulai pada Senin (1/2). Saat pelaksanaan, vaksinasi akan diberikan kepada forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) dan sejumlah tokoh masyarakat di Kabupaten Ciamis. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement