Jumat 22 Jan 2021 14:23 WIB

Minimnya Evaluasi Sektor HAM pada Fit and Proper Test Listyo

Salah satu yang disorot Koalisi adalah rencana pengaktifan Pam Swakarsa oleh Listyo.

Kabareskrim Polri yang juga calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo bersiap mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri di ruang Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/1/2021). Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo merupakan calon tunggal Kapolri yang diajukan Presiden Joko Widodo ke DPR untuk menggantikan Jenderal Pol Idham Aziz yang memasuki masa pensiun.
Foto:

Calon tunggal kapolri Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo pada Rabu (20/1), menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test sebagai calon Kapolri di hadapan Komisi III DPR RI. Dalam kesempatan itu, Listyo Sigit memperkenalkan konsep transformasi Polri baru, yaitu konsep Presisi.

"Apabila saya diberikan amanah untuk menjadi Kapolri, transformasi Polri akan saya lakukan dengan transformasi prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan yang kami perkenalkan sebagai konsep Polri yang Presisi," tutur Sigit dihadapan Komisi III DPR RI, Rabu (20/1).

Listyo ingin menghilangkan citra negatif di masyarakat terhadap kepolisian. Salah satu citra negatif yang dirasakan masyarakat adalah, polisi suka mencari kesalahan dan mengutamakan kekerasan dalam menyelesaikan masalah. Sehingga, publik sering merasa bahwa kinerja kepolisian tak terlalu baik dan berimplikasi pada kepercayaan mereka.

Citra negatif tersebut akan menjadi faktor penting yang akan dibenahinya ketikan diamanatkan menjadi Kapolri. Agar, masyarakat merasa terayomi dengan kehadiran polisi di wilayahnya.

"Harapan masyarakat merupakan faktor utama dan penting untuk diwujudkan. Meski banyak hal yang harus dihadapi, mulai tantangan bersumber dari lingkungan strategis, baik tatanan global, regional, domestik," ujar Listyo.

Seusai fit and proper test terhadap Listyo rampung dilaksanakan, Komisi III DPR secara mufakat menyetujui calon kapolri Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri ke-25 menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis. Keputusan tersebut diambil dalam rapat pengambilan keputusan terhadap hasil uji kepatutan dan kelayakan calon kapolri.

"Akhirnya secara mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat dari jabatan Kaporli atas nama Jenderal Polisi Idham Azis M.Si dan menyetujui pengangkatan komjen polisi Drs Listyo Sigit Prabowo M.Si sebagai Kapolri yang selanjutnya ditetapkan dalam rapat paripurna terdekat dan akan diproses sesuai dengan peraturan perundangan-undangan," kata Ketua Komisi III DPR Herman Herry, Rabu (20/1).

In Picture: Listyo Sigit Prabowo Jalani Uji Kelayakan dan Kepatutan

photo
Kabareskrim Polri yang juga calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (tengah) bersiap mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri di ruang Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/1/2021). Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo merupakan calon tunggal Kapolri yang diajukan Presiden Joko Widodo ke DPR untuk menggantikan Jenderal Pol Idham Aziz yang memasuki masa pensiun. - (Antara/Galih Pradipta)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement