Rabu 20 Jan 2021 18:33 WIB

Kemenhan Sosialisasi Pembentukan Komcad Akhir Januari

Untuk tahap awal rekrutmen komcad, Kemenhan membutuhkan sebanyak 25.000 orang.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ratna Puspita
Juru Bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak.
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Juru Bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pertahanan (Kemenhan) akan mulai melakukan proses sosialisasi pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) pada akhir Januari 2021. Proses tersebut lekas dilaksanakan setelah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2021 ditetapkan dan diundangkan pada 12 Januari lalu. 

"Kemenhan dan TNI sudah mempersiapkan matang proses pembentukan komcad, insyaaallah di akhir januari ini sudah mulai sosialisasi," ujar Juru Bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak, lewat pesan singkat, Rabu (20/1). 

Baca Juga

Dia mengatakan, proses selanjutnya, yakni proses pendaftaran, pelatihan, dan penetapan, akan dilaksanakan pada bulan-bulan berikutnya. Untuk tahap awal rekrutmen komcad, Dahnil mengatakan, Kemenhan membutuhkan sebanyak 25 ribu orang. 

"Untuk proses pendaftaran, pelatihan, dan penetapan di bulan berikutnya. Tahap awal (dibutuhkan sebanyak) 25 ribu," jelas Dahnil. 

 

Sebelumnya, Dahnil menerangkan, Kemenhan sudah mempersiapkan segala hal terkait program Komcad sejak awal. Karena itu, ia mengatakan, persiapan Kemenhan untuk pelaksanaan rekrutmen Komcad sudah matang.

Menurut Dahnil, ketika PP terkait Komcad itu sudah terbit, proses rekrutmen dan pelatihan oleh TNI akan dilaksanakan secepatnya. "Persiapan Komcad sudah matang sejak awal, tinggal menunggu PP. Nah, bila PP sudah turun maka akan segera dimulai proses rekrutment dan pelatihan nanti oleh TNI," kata Dahnil. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement