Kamis 14 Jan 2021 17:01 WIB

Tak Perlu NIK, Kemensos Perbaiki Kriteria Kemiskinan

Banyak kelompok rentan yang tidak tercatat sebagai penerima bantuan sosial tunai.

Rep: Amri Amrullah / Red: Agus Yulianto
Kemensos bekerja sama melakukan perekaman data kependudukan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS). Dengan data kependudukan, PPKS yang bisa terakses oleh bantuan sosial pemerintah. Kegiatan dilakukan dengan bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian Dalam Negeri. Menteri Sosial Tri Rismaharini datang menyaksikan kegiatan perekaman, meninjau pembukaan rekening dan meluncurkan Atensi.
Foto:

Terkait tantangan tersebut, Mensos menempuh sejumlah langkah. Di antaranya, meminta pemerintah daerah untuk memeriksa DTKS existing dan melakukan pembaharuan data. Berikutnya, agar NIK DTKS penerima Kartu Sembako dan BST yang tidak valid, dikembalikan kepada Pemerintah Daerah untuk dilakukan koreksi dan matching dengan Dukcapil. 

Lalu KPM graduasi PKH alamiah diputuskan tetap menerima bantuan Kartu Sembako, sementara KPM PKH graduasi mandiri tidak lagi mendapatkan Kartu Sembako. Mantan Wali Kota Surabaya ini juga berjanji DTKS kedepan akan diperkuat dengan evaluasi dan perbaikan setiap dua bulan sekali.

Kemudian untuk meningkatkan ketepatan sasaran bantuan tunai, Risma sudah menginstruksikan kepada penyalur bantuan dalam hal ini PT Pos untuk meningkatkan prosedur. “Saya minta PT Pos untuk melengkapi penerima bantuan dengan foto. Atau kalau diwakili, selain harus menyertakan surat pernyataan juga harus difoto,” ujar Risma.

 

Sebelumnya Mensos di depan Komisi VIII DPR RI memaparkan realisasi serapan anggaran Kemensos tahun 2020 sebesar 97,11 persen dari total anggaran Kemensos sebesar sebesar Rp 134.171.839.274.000. Risma berjanji ke depan bukan hanya besarnya serapan anggaran, tapi juga kualitas penyerapan anggaran Kemensos. Komitmen inipun mendapat apresiasi dari Komisi VIII DPR RI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement