Semua perlindungan itu, kata dia, untuk menjaga kerusakan dan kehilangan data pesawat serta percakapan di dalam kokpit.
Dia menambahkan, ketika kotak hitam sampai di Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), kotak hitam akan dikeluarkan dari air. Sehingga, merendam kotak hitam dalam air hanya dilakukan sementara.
Perendaman kotak hitam pun tak perlu menggunakan air khusus. Menurut Alvin, air biasa ataupun air laut bisa digunakan untuk menjaga tekanan terhadap komponen kotak hitam.
"Jadi ini hanya untuk menjaga kestabilan saja. Dan itu juga sebentar, hanya sampai kotak hitam sampai di KNKT," ungkap dia.
Mengutip Aerotime, kotak hitam yang sempat terendam air laut memang harus segera dimasukkan ke dalam wadah berisi air agar tak rusak.
Saat masih berada dalam air, kotak hitam akan mengaktifkan sensor underwater locator beacon (ULB). Sensor itu, akan mengaktifkan diri dan mempermudah penemuan saat tenggelam. Sensor itu bisa mentransmisikan sinyal hingga kedalaman 4 kilometer di bawah laut.