Sabtu 09 Jan 2021 15:29 WIB

Tanpa Libur Panjang, Anies Harap Kasus Covid-19 Tuntas

Bila pemberlakuan PSBB ketat selama 2 pekan berhasil, maka tidak harus diperpanjang. 

Rep: Mimi Kartika/ Red: Agus Yulianto
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Foto:

Dia menjelaskan, berdasarkan data, setiap ada libur panjang, 10-14 hari berikutnya akan terjadi jumlah kasus aktif meningkat. Anies pun berharap, semua pihak dan warga secara bersama-sama mengendalikan Covid-19 dengan sebaik-baiknya.

Untuk mencapai kondisi Covid-19 yang melandai hingga tuntas itu, caranya dengan masyarakat melakukan kegiatan di rumah, mengurangi bepergian, berada dalam aktivitas yang terbatas, dan mengurangi interaksi fisik. Di sisi lain, pemerintah menetapkan kegiatan peningkatan testing, tracing, treatment, dan isolasi mandiri.

"Ini PSBB kita mulai hari Senin. Kita berkeinginan, jangan nanti harus berulang seperti sebelumnya. Baru sampai separuh, belum tuntas, sudah kembali naik lagi. Kita inginnya turun serendah-rendahnya," tutur Anies.

Dia menambahkan, apabila pemberlakuan pengetatan PSBB selama dua pekan ini berhasil, maka tidak harus diperpanjang. Sedangkan, jika tidak berhasil, Pemerintah Provinsi DKI terpaksa harus memperpanjang penerapan PSBB supaya benar-benar tuntas.

 

"Kita menginginkan ini agar bisa tuntas dan Januari ini kita lakukan bersama-sama," kata Anies.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement