Senin 11 Mar 2024 16:41 WIB

Bandara Kertajati Alami Kenaikan Penumpang Saat Libur Panjang

Bandara Kertajati mengalami kenaikan jumlah penumpang sebesar 11 persen saat libur.

Dua pesawat lepas landas dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka. Bandara Kertajati mengalami kenaikan jumlah penumpang sebesar 11 persen saat libur.
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Dua pesawat lepas landas dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka. Bandara Kertajati mengalami kenaikan jumlah penumpang sebesar 11 persen saat libur.

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA -- Pengelola Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati mencatat jumlah penumpang yang melakukan perjalanan melalui fasilitas penerbangan itu, meningkat sampai 11 persen pada periode libur panjang Hari Raya Nyepi 2024.

Executive General Manager BIJB Kertajati, Nuril Huda, mengatakan lonjakan penumpang paling dominan terlihat sejak Jumat (8/3), yakni lebih dari 2.000 orang melakukan penerbangan di Bandara tersebut.

Baca Juga

“Rata-rata di Bandara Kertajati ini per harinya 1.500 penumpang. Tapi Jumat kemarin terjadi lonjakan karena sudah masuk libur panjang Hari Raya Nyepi,” kata Nuril saat dikonfirmasi di Majalengka, Jabar, Senin (11/3/2024).

Ia menjelaskan lonjakan tersebut terjadi karena banyak orang memilih pergi ke beberapa destinasi selama libur panjang. Apalagi pada Selasa (12/1), juga bertepatan dengan hari pertama bulan suci Ramadhan 2024.

Berdasarkan data, menurut dia, selama sepekan terakhir jumlah penumpang di Bandara Kertajati mencapai 10.895 orang. Sedangkan minggu sebelumnya totalnya sekitar 9.810 orang.

Nuril menyebut okupansi atau tingkat keterisian pesawat setiap maskapai berada di atas 70 persen. Bahkan pada akhir pekan jumlahnya bisa sampai 80-100 persen.

“Semua jurusan penuh (selama libur panjang). Paling banyak rute yang diminati penumpang adala ke Denpasar, disusul Balikpapan dan Kualanamu,” ujarnya.

Dalam menghadapi lonjakan ini, kata dia, BIJB Kertajati menerapkan langkah-langkah preventif untuk melayani pengguna jasa penerbangan lebih baik lagi.

Nuril menuturkan salah satunya dengan melakukan pemeliharaan peralatan keselamatan dan keamanan serta menambah fasilitas pelayanan penumpang. Sehingga mereka merasa lebih nyaman saat berada di Bandara.

Ia menyatakan langkah ini perlu diterapkan, karena lonjakan penumpang pun diprediksi akan terjadi khususnya selama Ramadhan dan menjelang musim angkutan mudik Lebaran 2024.

“Untuk saat ini saja, jumlah penerbangan pesawat mengalami kenaikan sebesar 9 persen dan angkutan kargo naik juga sebesar 20 persen,” tuturnya.

Nuril menekankan BIJB Kertajati siap memberikan pelayanan terbaik bagi penumpang, yang melakukan penerbangan dari Bandara tersebut.

“Kami berupaya agar penumpang lebih nyaman dan betah. Untuk maskapai saat ini yang beroperasi ada Super Air Jet, Citylink, Air Asia Indonesia, Air Asia Malaysia dan Malaysia Airlines,” ucap dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement