Sabtu 09 Jan 2021 08:53 WIB

9 Fakta Insiden Penembakan Anggota FPI Temuan Komnas HAM

Komnas HAM menemukan sejumlah fakta terkait pembunahan laskar FPI

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Nashih Nashrullah
Sejumlah petugas Komnas HAM dan polisi memeriksa satu dari tiga mobil yang dikendarai polisi dan enam laskar FPI dalam kasus penembakan anggota FPI di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (21/12/2020).
Foto:

3. Bahwa didapatkan fakta adanya konsentrasi petugas keamanan berseragam lengkap dengan senjata, pada 6-7 Desember 2020, di sejumlah titik gerbang tol, rest area, dan jembatan penyebrangan di sejumlah titik sepanjang tol Jakarta-Cikampek. 

Namun berdasarkan hasil penyelidikan, dipastikan bahwa konsentrasi petugas bersenjata lengkap berlaras panjang tersebut, dalam rangka proses pengawalan terhadap iringan rombongan pembawa vaksin Covid-19, dari Bandara Sukarno Hatta, menuju Bio Farma, Bandung 

4. Terkait dengan adanya cctv Jasa Marga yang tidak berfungsi dengan baik pada 7 Desember 2020, tim penyelidik Komnas HAM telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi-saksi, dan melakukan pemeriksaan langsung ke titik-titik lokasi, dan menemukan fakta bahwa telah terjadi kegagalan pengiriman rekaman gambar cctv melalui saluran server akibat putusnya fiber optik di dalam sebuah joint clousure cctv. Sehingga, menyebabkan tidak berfungsinya cctv mulai dari Km 49 sampai Km 72 ruas tol Jakarta-Cikampek 

5. Bahwa didapatkan fakta berdasarkan keterangan saksi-saksi dan hasil analisa rekaman cctv dan analisis rekaman percakapan (voicenotes), teridentifikasi sejumlah kendaraan roda empat yang diduga melakukan pembuntutan terhadap HRS, dan rombongan sejak dari kawasan Sentul, Bogor, hingga 7 Desember 2020 dini hari, dengan detail keterangan sebagai berikut:

5.a Avanza warna hitam dengan nomor polisi B 1739 PWQ

5.b Avanza warna silver dengan nomor polisi B1278 KJD

5.c Mobil petugas dengan nomor polisi B 1542 POI

5.d Avanza warna silver dengan nomor polisi K 9143 EL

5.e Xenia warna silver dengan nomor polisi B 1519 UTI

5.f Mobil besar berjenis Land Cruiser dengan nomor yang belum teridentifikasi  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement