Rabu 06 Jan 2021 16:23 WIB

Kawanan Pelaku Pencurian Spesialis Pecah Kaca Diringkus

Dalam aksinya, komplotan spesialis pecah kaca ini punya peran masing-masing.

Rep: S Bowo Pribadi / Red: Agus Yulianto
Kapolres Semarang, AKBP Ari Wibowo menunjukkan barang bukti kejahatan kawanan residivis pelaku pencurian spesialis mobil, di mapolres Semarang. (Ilustrasi)
Foto:

Berbekal alat bukti tersebut, jajaran Resmob Polres Semarang pun melakukan penyelidikandan memburu para pelaku. “Hingga akhirnya meringkus ketiga pelaku tersebut, menjelang malam pergantian tahun di wilayah Kabupaten Magelang,” lanjutnya.

Berdasarkan pengakuan kepada penyidik, para pelaku tindak kejahatan tersebut merupakan spesialis pencurian dengan modus pecahkaca.   Saat melakukan aksi kejahatan, mereka memiliki peran masing-masing, seperti sopir, mengamati situasi serta eksekutor pecah kaca dan mengambil barang- barang dari dalam mobil korbannya.

Sebelum diringkus, ketiganya mengaku telah beraksi sebanyak dua kali di wilayah hukum Polres Semarang. “Masing- masing di wilayah Tuntang dan satu kali aksi kejahatan serupa di kawasan Babadan, Kecamatan Ungaran Barat,” tandas kapolres.

Sementara itu, salah seorang pelaku, Tengku Rimba mengaku membenarkan, dalam melakukan aksi kejahatan selalu berbagi tugas. Ada yang mengendarai mobil berkeliling untuk mencari saran aksi kejahatan mereka, memantau situasi di tempat mereka beraksi dan juga eksekutor pemecah kaca.

 

Sebelum beraksi, para pelaku mencari mobil yang terparkir di tempat sepi. Pelaku juga berbekal senter sebagai sebagai alat penerangan pelaku terlebih dulu memeriksa apakah ada barang berharga yang ada atau tersimpan di dalam mobil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement