Selasa 05 Jan 2021 18:38 WIB

Pesan Australia Atas Pembebasan Abu Bakar Baasyir

Australia nilai pembebasan Baasyir lukai keluarga korban pengebomannya.

Terpidana kasus terorisme Abu Bakar Baasyir akan bebas murni pada Jumat (8/1).
Foto:

Setelah bebas nantinya Abu Bakar Baasyir disebut akan berdakwah dari rumah lantaran usianya sudah lanjut. Putra Abu Bakar Baasyir, Abdul Rochim, memastikan ayahnya sudah tidak bisa seproduktif dahulu dalam berdakwah. Sebab, kondisi fisiknya sudah lemah sekali.

"Kalau nanti sudah di rumah, beliau akan lebih banyak di rumah, berdakwah dari rumah. Beliau akan menyampaikan sesuai kemampuan," kata Abdul Rochim saat ditemui wartawan di Ponpes Al Mukmin Ngruki, Selasa (5/1).

Menurut Abdul Rochim, dalam aktivitas berdakwah ayahnya lebih pada menunaikan kewajiban. Ayahnya memiliki karakter tidak takut kepada siapa saja yang menghalangi dalam melaksanakan dakwah.

"Yang penting bagi keluarga kami, beliau sehat, bisa dakwah sesuai kemampuan karena kewajiban sebagai ulama," ungkapnya.

Saat ini keluarga sedang melakukan persiapan-persiapan untuk kepulangan Baasyir. "Persiapan keluarga bukan persiapan acara. Prinsipnya kami tidak ada acara apapun. Hanya sekadar beliau pulang sampai di rumah, hanya bersilaturahim dengan keluarga besar Pesantren," jelas dia.

Abdul Rochim menyatakan akan berangkat dari Ponpes Ngruki untuk menjemput ayahnya pada Selasa. Dia ditemani oleh dua orang. Nantinya, tiga orang tersebut terlebih dahulu akan bergabung dengan tim penasegat hukum Abu Bakar Baasyir. Kemudian, pada Jumat, rombongan tersebut menjemput di Lembaga Permasyarakatan Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

"Teknis penjemputan kami akan mengikuti prosedur di Lapas. Tentu ada administrasi yang diselesaikan. Kami tidak bisa menebak berapa jam prosesnya. Kami sementara ini masih memutuskan menggunakan jalur darat," imbuhnya.

Dia juga menyebut nantinya kepulangan Abu Bakar Baasyir akan ada pengawalan dari Kepolisian dan Densus 88 sampai ke rumah seperti yang menjadi prosedur selama ini.

"Imbauan kami kepada masyarakat supaya tidak perlu untuk datang berkerumun di sini, doakan saja Ustaz Abu Bakar Baasyir dari rumah masing-masing. Kami di sini menghindari terjadi kerumunan karena tidak bagus untuk kesehatan dan menganggu warga sekitar karena situasi pandemi," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement