Kamis 31 Dec 2020 06:03 WIB

1.200 Personel Satpol PP Jakarta Disebar di Malam Tahun Baru

Satpol PP Jakarta mengantisipasi terjadinya kerumunan di sejumlah titik rawan

Rep: Eva Rianti / Red: Nur Aini
Petugas Satpol PP melakukan sosialisasi 3M di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Senin (30/11). Sosialisasi tersebut mengajak masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan dengan menerapkan gerakan 3M pada masa pandemi Covid-19 untuk mengurangi penyebaran virus Corona. Republika/Putra M. Akbar
Foto:

Satpol PP juga mengawasi sejumlah cafe, restoran, dan hotel untuk mengantisipasi terjadinya keramaian yang berpotensi terjadi penularan Covid-19. “Sudah ada lokasi-lokasi yang nantinya akan menjadi lokasi pengawasan ketat, termasuk ada pengawasan di rumah makan, hotel, dan sebagainya," kata dia. 

Arifin menambahkan, pihaknya juga menempatkan sejumlah personel untuk melakukan penjagaan di titik-titik yang mengarah ke kawasan sepanjang jalan Sudirman-Thamrin. Jalan tersebut diketahui ditutup oleh Polda Metro Jaya pada malam tahun baru 2021 untuk mencegah masyarakat yang membandel merayakan malam tahun baru di tengah pandemi Covid-19.

“Kami Satpol PP akan menempatkan personel, mendukung di tempat-tempat yang mengarah kepada kawasan sepanjang Jalan Thamrin-Sudirman,” ujarnya.

Penjagaan dan pengawasan ketat dilakukan oleh Satpol PP berdasarkan Seruan Gubernur (Sergub) Nomor 17 Tahun 2020 tentang pengendalian kegiatan masyarakat. Aturan itu melarang kegiatan perayaan malam tahun baru. Melalui Sergub tersebut, Arifin menegaskan tidak diperbolehkannya ragam bentuk perayaan euforia pada pergantian malam tahun baru, misalnya pesta kembang api dan konvoi.

“Tidak boleh. Kalau ada konvoi-konvoi ditindak itu. Nggak ada konvoi-konvoi,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement