Sabtu 26 Dec 2020 20:53 WIB

7 Ruam Kulit pada Covid-19 Seperti Dialami Dewi Persik

Ruam tersebut dapat muncul di berbagai bagian tubuh

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 7 Ruam Kulit pada Covid-19 Seperti Dialami Dewi Persik

 

7. Iskemia dan nekrosis

Iskemia adalah kondisi ketika jaringan atau organ tubuh tidak mendapatkan asupan darah dan oksigen yang cukup. Iskemia dapat menyebabkan sel-sel dan jaringan di bagian tubuh tersebut mati (nekrosis). Beberapa pasien Covid-19 dilaporkan mengalami ruam atau bintik kemerahan dan keunguan di jari akibat kondisi ini.

Hingga kini, penyebab munculnya ruam kulit pada pasien Covid-19 masih belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, beberapa studi menyebutkan bahwa munculnya gejala ruam kulit tersebut berkaitan dengan reaksi daya tahan tubuh dalam melawan virus Corona atau efek samping obat-obatan.

Jika Anda mengalami ruam kulit disertai demam, batuk, dan sesak napas, terutama bila Anda memiliki riwayat kontak dengan pasien Covid-19, segera lakukan isolasi mandiri dan hubungi hotline Covid-19 di 119 ext. 9 untuk mendapatkan pengarahan lebih lanjut.

Anda juga bisa menggunakan fitur chat konsultasi dengan dokter di aplikasi ALODOKTER untuk memastikan apakah ruam yang Anda alami merupakan gejala dari Covid-19 atau bukan.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement