Sabtu 26 Dec 2020 20:53 WIB

7 Ruam Kulit pada Covid-19 Seperti Dialami Dewi Persik

Ruam tersebut dapat muncul di berbagai bagian tubuh

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 7 Ruam Kulit pada Covid-19 Seperti Dialami Dewi Persik

 

4. Ruam vesikular

Ruam vesikular berbentuk menyerupai lepuhan kecil yang berisi cairan. Ruam ini biasanya terbentuk jika seseorang menderita cacar air, cacar api, atau herpes simplex. Lepuhan jenis ini ternyata juga ditemui pada 1% kasus Covid-19 dan bisa muncul selama kira-kira 10 hari.

5. Petechiae atau purpura

Petechiae atau purpura merupakan bintik kecil berwarna keunguan atau kemerahan yang disebabkan oleh pendarahan di bawah permukaan kulit.

Petechiae biasanya muncul di lengan, kaki, perut, atau bokong. Namun, bintik ini juga bisa muncul di dalam mulut atau kelopak mata. Sebagian pasien Covid-19 yang mengalami ruam kulit jenis ini juga dilaporkan mengalami penurunan trombosit.

6. Livedo racemosa

Livedo racemosa merupakan ruam kulit kemerahan atau kecoklatan dengan pola seperti jaring. Munculnya ruam kulit ini disebabkan oleh menyempitnya pembuluh darah di dekat kulit.

Pada kasus Covid-19, livedo racemosa bisa bertahan selama 9 hari dan lebih sering terjadi pada pasien lansia.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement