Sabtu 26 Dec 2020 20:53 WIB

7 Ruam Kulit pada Covid-19 Seperti Dialami Dewi Persik

Ruam tersebut dapat muncul di berbagai bagian tubuh

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 7 Ruam Kulit pada Covid-19 Seperti Dialami Dewi Persik
7 Ruam Kulit pada Covid-19 Seperti Dialami Dewi Persik

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Artis sekaligus pedangdut Dewi Persik dinyatakan positif Covid-19, dan salah satu gejala yang dialaminya adalah terjadinya ruam kulit, atau bercak kemerahan pada kulit wajah. 

Ruam kulit pada Covid-19 menambah daftar panjang gejala penyakit yang ditimbulkan oleh infeksi virus Corona. Ruam tersebut dapat muncul di berbagai bagian tubuh dan bisa menyerupai ruam pada penyakit campak, herpes, atau cacar air.  

Demam, batuk kering, dan sesak napas merupakan gejala Covid-19 yang umum terjadi. Namun, ada gejala lain yang juga bisa muncul akibat infeksi virus Corona, yaitu ruam kulit. Menurut beberapa penelitian, sekitar 20% pasien Covid-19 menunjukkan gejala ini.

Mengutip alodokter.com, Ruam kulit pada Covid-19 pertama kali dilaporkan oleh seorang pasien di Italia. Ruam tersebut dapat muncul pada tahap awal berkembangnya penyakit atau selama pasien menjalani perawatan di rumah sakit.

 

Uniknya, ruam kulit ini bisa muncul dan menghilang secara tiba-tiba. Selain itu, tampilannya pun mirip dengan ruam kulit pada beberapa jenis penyakit kulit tertentu, seperti cacar air dan campak.

Berikut ini adalah beberapa jenis ruam kulit yang bisa muncul sebagai gejala Covid-19:

1. Ruam makulopapular

Ruam makulopapular merupakan ruam kulit yang paling umum muncul pada pasien Covid-19. Ruam ini tampak seperti bintik kemerahan yang dapat muncul di wajah, badan, lengan, atau tungkai bawah.

Ruam makulopapular sekilas mirip dengan bercak kulit pada penyakit campak, demam scarlet, dan herpes. Pada kulit pasien Covid-19, ruam yang muncul terkadang terasa gatal dan berlangsung selama 2–21 hari.

2. Covid toes

Covid toes ditandai dengan jari-jari kaki yang membengkak, merah, lecet, gatal, nyeri, dan terkadang melepuh disertai cairan atau nanah di dalamnya. Dalam beberapa hari, jari kaki yang memerah bisa berubah warna menjadi keunguan dan lepuhan terkadang menyebar ke seluruh kaki.

Selain pada jari kaki, Covid toes juga bisa terjadi pada jari-jari tangan. Ruam ini dilaporkan lebih banyak dialami oleh pasien anak, remaja, dan orang dewasa muda, serta bisa bertahan selama 10 hari hingga berbulan-bulan.

3. Biduran

Ruam kulit pada Covid-19 juga bisa tampak seperti biduran atau urtikaria. Biduran ditandai dengan munculnya bentol kemerahan yang disertai rasa gatal. Biduran dapat muncul di bagian tubuh mana pun, termasuk wajah, lengan, dada, punggung, dan tungkai bawah.

Pada sebagian pasien Covid-19, biduran dapat muncul sebelum gejala demam atau sesak napas terjadi.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement