Selasa 15 Dec 2020 22:04 WIB

Komnas HAM akan Cek Mobil yang Digunakan Laskar FPI

Komnas HAM menelusuri lebih banyak titik dibandingkan dengan rekonstruksi polisi.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Andri Saubani
Koordinator Subkomisi Pemajuan HAM dan Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan Komnas HAM Beka Ulung Hapasara .
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Koordinator Subkomisi Pemajuan HAM dan Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan Komnas HAM Beka Ulung Hapasara .

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Dalam pekan ini, Tim Pemantauan dan Penyelidikan yang dibentuk Komnas HAM akan menyambangi tempat penyimpanan mobil yang digunakan anggota Front Pembela Islam (FPI) dan pihak Kepolisian saat kejadian baku tembak di Km 50 Tol Japek, Senin (7/12) dini hari. Hal ini dilakukan dalam rangka investigasi tewasnya enam anggota laskar FPI.

"Kami minggu ini merencanakan untuk memeriksa kendaraan yg dipakai. Baik yang dipakai petugas maupun oleh anggota FPI," kata anggota Komnas HAM, Beka Ulung Hapasara kepada Republika, Selasa (15/12).

Baca Juga

Sementara Ketua Tim Penyelidikan, Choirul Anam mengatakan, terdapat dua perbedaan penelusuran yang dilakukan Komnas HAM dengan rekonstruksi kasus yang digelar kepolisian. Perbedaan ini salah satunya terletak pada jumlah titik yang ditelusuri.

Menurut Anam, Komnas HAM menelusuri lebih banyak titik daripada kepolisian. Selain TKP yang disambangi selama rekonstruksi, Komnas HAM juga telah memeriksa lokasi lainnya di wilayah Karawang, Jawa Barat.

Perbedaan jumlah titik ini pun, lanjut Anam, memengaruhi saksi-saksi yang dimintai keterangan di lapangan. "Kami lebih luas , bukan hanya empat titik. Karena memang fokusnya bukan hanya konteks di area KM 50, tapi kami kembangkan hingga ke area sentul di KM 0 sampai KM 48. Kami dapat duluan. Komnas HAM datang duluan, dapat info duluan, info dari masyarakat," ujar Anam.

Bahkan, sambung Anam, Tim Komnas HAM tidak hanya sekali datang ke area tempat kejadian perkara. Tim sudah mendatangi tempat kejadian perkara hingga lima kali.

"Kami cocokan dengan jam yang sama, mulai dari jam 11 sampai jam 4 pagi. Kami susuri satu persatu,"ungkapnya.

Selain itu, tambah Anam, Komnas HAM juga mendapatkan benda yang bukan hanya bisa dilihat, namun juga benda yang bisa dipegang dan bisa dibawa ke kantor untuk diperiksa. Namun, ia enggan mengungkap benda tersebut.

Anam mengatakan alasan Komnas HAM bekerja lebih awal dari aparat kepolisian, karena keberhasilan dalam mengungkap kasus ini memang terletak pada kecepatan dalam bekerja. "Peristiwa seperti ini biasanya malam. Situasi lumayan cepat. Karena itu kecepatan bekerja akan menentukan," ujar Anam.

Sebelumnya, Tim Pemantauan dan Penyelidikan yang dibentuk Komnas HAM sudah meminta keterangan dari Direktur Utama PT Jasa Marga Subakti Syukur dan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran pada Senin (14/12). Tim juga sudah meminta keterangan dari FPI, saksi, keluarga korban, dan masyarakat. Selan itu, tim juga melakukan pemantauan lapangan secara langsung serta memperdalam penyelidikan di tempat kejadian perkara (TKP).

Penembakan enam anggota laskar FPI terjadi di Km 50 Tol Japek, Senin (7/12) dini hari. Lokasi penembakan di dekat pintu tol Karawang Timur, Jawa Barat (Jabar). Penembakan tersebut dilakukan oleh anggota kepolisian yang melakukan pengintaian aktivitas Habib Rizieq. Mereka yang meninggal dunia, yakni Faiz, Ambon, Andi, Reza, Lutfi, dan Kadafi.

Pekan lalu, Polri mengatakan, aksi penembakan oleh petugas tersebut, dilakukan karena pembelaan diri. Namun FPI membantah klaim kepolisian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement