Senin 12 Oct 2020 14:31 WIB

Doni: Dokter Umum Paling Banyak Meninggal karena Covid-19

Sebanyak 60 persen dokter yang meninggal karena Covid-19 adalah dokter umum.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bayu Hermawan
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo
Foto: BNPB
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo menyampaikan 60 persen dokter meninggal dunia karena Covid-19 merupakan dokter umum. Mereka tertular dari para pasien yang justru merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) kasus Covid-19.

"Sekitar 60 persen dokter yang wafat adalah dokter umum, padahal mereka tidak langsung berhadapan dengan pasien covid. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa risiko dokter sangat tinggi, mereka yang bukan pasien covid ternyata sudah OTG yang justru menulari para dokter," ujar Doni saat konferensi pers usai rapat terbatas, Senin (12/10). 

Baca Juga

Doni menegaskan, Satgas terus bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan mendukung tenaga kesehatan, salah satunya dengan memberikan fasilitas tes PCR. Ia pun juga meminta agar masyarakat turut membantu para tenaga medis dan pemerintah menekan angka penularan Covid-19 dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan.

"Kepada seluruh pihak bahwa apa yang dituntut oleh kita kepada kita oleh para pakar epidemiologi, para dokter, dan tenaga kesehatan lainnya, itu adalah hal yang sebenarnya tidak begitu berat dibandingkan dengan pengorbanan dan perjuangan para dokter dan tenaga kesehatan yang merawat pasien di sejumlah RS," jelasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement