Jumat 28 Aug 2020 12:05 WIB

Top 5 News: Dari Subsidi Gaji Hingga Danjen Kopassus & FPI

Puasa Asyura dan Jejak Khilafah di Nusantara juga menjadi berita teratas Kamis (27/8)

Brigjen Mohamad Hasan dan Brigjen Tri Budi Utomo saat serah terima jabatan (sertijab) Komandan Grup A Paspampres.
Foto:

5. Puasa Asyura tapi Punya Utang Ramadhan, Bagaimana Hukumnya?    

JAKARTA -- Puasa Asyura adalah puasa sunnah yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW. Puasa asyura dilakukan setiap datang tanggal 10 Muharram.

Lalu bagaimana jika kita belum membayar hutang puasa Ramadhan dan ingin melakukan puasa sunnah Asyura. Terkait hal ini, ulama berbeda pendapat, ada yang membolehkan ada juga yang melarang.

photo
(Foto: ilustrasi kurma untuk buka puasa) - (Pxhere)

Dikutip dari buku Muharram Bukan Bulan Hijrahnya Nabi karya Ahmad Zarkasih, menurut madzhab al-Hanafiyah dan al-Syafi’iiyah, puasa asyura boleh dilakukan meskipun orang tersebut masih memiliki utang puasa Ramadhan yang belum dibayar.

Baca berita selengkapnya di sini.

BONUS 6. Jejak Khilafah di Nusantara: Sakralisasi dan yang Tersingkir

Jejak Khalifah di Nusantara (JKDN), film dokumenter sejarah berdurasi 57 menit yang tayang perdana pada tanggal 20 Agustus 2020 lalu menuai sambutan beragam dari berbagai kalangan di Indonesia. Penyebabnya adalah pengabaian etika intelektual dan pesan yang dinilai provokatif yang disampaikan tim penyelenggara dalam momen telekonferensi yang berpusat di wilayah ibu kota.

Namun, tanpa kedua penyebab di atas, jika pun telekonferensi tidak dilakukan, misalnya, film tersebut diduga tetap menjadi kontroversial. Ini disebabkan kata ‘khalifah’ punya jejak historis yang kompleks di Indonesia sejak lebih dari 200 tahun silam.

Baca berita selengkapnya di sini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement